BetKraf dan Pemkot Ambon Gelar Bungee Jump di JMP

BERBAGI

MEDIAHARAPAN.COM, Ambon  – Sensasi yang memicu adrenalin, melompat dari ketinggian namun dengan tingkat keamanan tinggi atau dikenal dengan Bungee Jump, besok (Kamis, 7/9/2017), akan digelar Beta Kreatif (BetKraf) salah satu inisiatornya bekerjasama dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, di atas Jembatan Merah Putih (JMP).

“Setiap upaya positif untuk menjadikan JMP memiliki nilai tambah perlu didukung. Adanya Ambon Bungee Jumping (ABJ) akan memuat JMP tidak sekedar infrastruktur penghubung, tetapi bisa menjadi destinasi pariwisata potensial,” ujar Walikota Ambon Richard Louhenapessy, di Ambon, Rabu (6/9/2017).

Karena itu, Louhenapessy menyampaikan terima kasih kepada Beta Kreatif yang telah bersama-sama pihak Pemkot Ambon menginsiasi Bungge Jumping di Kota Ambon.

Senada dengan Louhenapessy, Ketua Panitia HUT Kota Ambon ke-442, Enrico Matitaputty, pada konfrensi pers terkait kegiatan di Hotel The City Ambon, Rabu (6/9/2017) menyebutkan, Pemkot mendukung secara penuh kegiatan Bungee Jumping yang diadakan oleh Beta Kreatif ini. 

“Awalnya ada kendala mengenai perizinan, karena JMP bukan kewenangan Kota. Tetapi dengan lobby dan berbagai hal yang dilakukan Pak Ikhsan Tualeka akhirnya izin itu keluar, dan kami sambut positif untuk kegiatan ini,” ujarnya. 

Menurut Matitaputty, Pemkot berharap dengan berlangsungnya kegiatan ABJ dapat menjadi promosi bagi Kota Ambon dan menjadi sarana untuk kreatifitas anak muda di Ambon.

Dia katakan, pemerintah juga berharap berharap  pada saat berlangsungnya kegiatan ini  saat puncak Acara HUT Kota Ambon, dapat menjdi tombak sejarah di Kota Ambon. Bahwa kota Ambon memiliki satu lagi objek wisata, dan acara ini sangat relevan dengan tema HUT Kota Ambon tahun ini “Tarus Benahi Ambon”.

“Kami mengsupport segala kegiatan yang Beta Kreatif lakukan, yang terkait dengan promosi Ambon tentunya. Besok juga akan ada acara makan patita di JMP, selain dihadiri oleh tamu-tamu dari Kota Ambon, termasuk sejumlah pejabat, tetapi tamu istimewa kita ada Menteri yang datang, dan akan ada sekitar dua puluh artis ibu kota,” ungkapnya. 

Pihaknya berharap, saat makan patita di JMP, para undangan dapat menyaksikan bungee jumping dan ini menjadi satu sarana yang murah dan gratis bagi warga Kota Ambon. 

“Mereka akan memposting kegiatan tersebut di sosial media milik mereka, dengan banyaknya followers yang mereka miliki, tentunya ini akan menjdi promosi yang baik dan luar biasa bagi Kota Ambon,” harapnya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Beta Kreatif, Ikhsan Tualeka menyebutkan, Bungee Jumping di JMP juga merupakan salah satu upaya agar jembatan terpanjang di Indonesia Timur ini tidak hanya sebagai sarana infrastruktur penghubung, tapi juga punya nilai tambah, khususnya bagi kemajuan pariwisata Maluku, khususnya Kota Ambon. 

Tualeka katakan, terkait persiapan akan ada instruktur bersertifikat dan berpengalaman dengan peralatan lengkap yang di datangkan untuk menjalankan ABJ. Insturktur akan melakukan training singkat kepada pemuda lokal yang kemudian akan menggantikan instruktur dari luar.

“Direncanakan untuk penjualan tiket, agar tidak terjadi kemacetan di JMP, tiker ABJ akan dilakukan di hotel-hotel, restoran atau mall, sehingga warga yang mau mencoba sensasi melompat dari JMP tinggal datang dan ikut ABJ. Di bawah jembatan perahu-perayu sudah menunggu, kita akan menghidupan kembali perahu-perahu Poka-Galala,” ujarnya.

Menurutnya, smpai saat ini sudah banyak yang mendaftar melalui sosial media, dan bagi yang datang membawa sampah plastik akan mendapatkan Free Jump. 

Pada saat ABJ, lanjut Tualeka, peserta dan panitia akan melakukan bakti sosial, menggunakan perahu, dan joran untuk membersihkan sampah. Karena kegiatan Bungge Jumping sekaligus bertujun untuk membersihkan Teluk Ambon, dan untuk mengajak warga agar menjaga teluk tersebut bebas dari sampah plastik.

“Bungee Jumping akan dilakukan tepat di cetral JMP, dengan ketinggian sekitar 43 meter, dan akan mengarah ke Tanjung Alang. Bungee Jumping besok dapat dilakukan secara personal maupun bersama pasangan, dan tentutnya aman. Memang untuk kali ini belum tersedia asuransi bagi peserta, tetapi kami akan menjamin keselamatan peserta,” pungkasnya.(Neo)

Comments

comments