Gaya Hidup Sehat dengan Puasa

BERBAGI
Makanan sehat saat puasa

MEDIAHARAPAN.COM, Gaya hidup – Puasa bagi sebagian orang adalah ibadah yang diwajibkan oleh agama. Namun secara umum, setiap orang bisa melakukannya. Puasa memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut hal-hal yang perlu diketahui seputar puasa.

Efek puasa pada fisiologis tubuh

Pada saat berpuasa, memang seringkali merasa lebih lemas dan malas beraktivitas karena kurangnya asupan nutirisi dan cairan. Namun, siapa sangka ternyata puasa menurut salah satu jurnal kesehatan dapat meningkatkan kadar HDL yang lebih dikenal dengan sebutan “lemak baik” serta menurunkan kadar LDL yang sering disebut “lemak jahat” dalam tubuh. Hal ini berkaitan dengan penurunan risiko terjadinya penyakit jantung.

Hal ini juga berlaku bagi para perokok yang harus menahan diri untuk tidak merokok selama berpuasa. Hal ini baik sebagai salah satu momen untuk membiasakan diri untuk mengurangi rokok dan menurunkan paparan asap rokok pada keluarga dan lingkungan sekitar.

Makanan yang baik dikonsumsi saat puasa

Alangkah baiknya jika Anda memilih makanan dan minuman dengan porsi yang cukup namun dengan variasi nutrisi yang seimbang dan sesuai kebutuhan tubuh. Perbanyaklah minum air putih juga memakan buah dan sayur yang memiliki kadar air yang tinggi seperti tomat, semangka, selada, dan timun untuk mencegah dehidrasi.

Usahakan untuk menghindari makanan yang tinggi garam, karena garam bersifat menarik air dan tubuh akan jadi lebih mudah merasa haus. Hindari juga makanan yang mengandung kadar gula yang tinggi terutama gula sederhana, seperti kue-kue manis, permen, sirup.

Makanan jenis ini mengandung gula sederhana yang cepat diserap tubuh sehingga menstimulasi alarm rasa lapar yang lebih cepat. Sebaliknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan roti gandum agar tidak mudah merasa lapar. Olahan yang mengandung kafein juga tidak cocok, karena kafein akan memicu pengeluaran cairan tubuh melalui urin menyebabkan tubuh lebih cepat kekurangan cairan.

Olahraga saat puasa

Selain pola makan yang tetap terjaga, tubuh tetap perlu berolahraga selama puasa. Olahraga yang dipilih cukup olahraga ringan saja dengan durasi yang tidak terlalu lama. Hal ini dapat membantu tubuh untuk menjaga metabolisme, memperlancar sirkulasi darah, dan membantu tubuh tetap bugar. Puasa bisa jadi gaya hidup sehat asal dilakukan dengan cara dan pola yang seimbang dan sehat pula.(MH)

Comments

comments