Grand Final Uda Uni Duta Wisata 2017

BERBAGI

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar – Tanah Datar sebagai wilayah tertua dalam sejarah budaya Minangkabau, punya aneka ragam daya tarik wisata yang bisa menjadi aset dan potensi wisata yang dapat dijadikan konsumsi wisatawan yang berkunjung ke Luhak Nan Tuo. Jadi ajang Pemilihan Uda Uni Duta Wisata Tahun 2017 ini harus memiliki kekhasan dengan potensi budaya yang ada, seperti busana khas dareah dari berbagai wilayah di Tanah Datar yang ditampilkan kali ini. 

Hal itu diungkap Bupati Irdinansyah Tarmizi saat beri sambutan pada ajang pemilihan Uda dan Uni Duta Wisata Tanah Datar Tahun 2017, Sabtu (05/08) di Gedung Suri Maharajo Dirajo Batusangkar.

Bupati jelaskan untuk itu kita perlu strategi dengan meningkatkan kemampuan SDM pelaku wisata khususnya putera puteri kita ini melalui iven-iven wisata di dalam maupun di luar Tanah Datar, ucapnya.

“Maka dari itu kita perlu persiapan dan pembinaan yang matang terhadap putera puteri kita ini sebagai duta wisata, yang sekaligus sebagai upaya menanamkan kecintaan generasi muda pada kegiatan kepariwisataan dan seni budaya Minangkabau”, tutur Irdinansyah.


“Atas nama Pemerintah Daerah saya sangat mendukung dan apreseasi pelaksanaan kegiatan ini, karena dengan terpilihnya uda uni duta wisata tersebut dapat dijadikan mitra Pemerintah Daerah dalam berfikir dan berkarya untuk pengembangan kepariwisataan khususnya di Tanah Datar kedepan”, pungkasnya.

Uda Uni sebagai duta wisata hendaknya menjadi tauladan dan panutan di tengah-tengah masyarakat khususnya bagi generasi muda, baik dalam bertindak, berbuat, bertingkah laku maupun bertutur sapa. Menjadi Uda Uni Duta Wisata, tidaklah mudah dan memerlukan proses yang cukup panjang sehingga mereka yang lolos dari tahap seleksi hingga tinggal 32 uda uni yang melaju ke grand final ini merupakan yang terbaik seperti yang kita saksikan malam ini, sambung Irdinansyah.

Lebih lanjut Irdinansyah mengajak kepada seluruh uda dan uni duta wisata, yang datang dari berbagai kecamatan di Kabupaten Tanah Datar tersebut piawai dalam promosikan daerah, terutama pariwisatanya sehingga industri pariwisata yang kita adalkan semakin berkembang dan pengunjung bertambah setiap tahun, ucapnya.

Bima selaku ketua panitia pelaksana audisi sampaikan bahwa proses seleksi sudah dimulai sejak 22 Juni lalu, dengan berbagai rangkaian kegiatan, masa karantina, dibekali dengan pengetahuan pariwisata, adat budaya dan agama, public speaking, pengetahuan umum dan pengetahuan lainnya.

Kemeriahan acara Pemilihan Duta Wisata ini, turut didukung oleh sponsor Hotel Emersia Batusangkar, Fiji Farfume dan sponsor lainnya, ucap Bima.

Setelah melalui proses yang pajang dan berbagai tahapan seleksi, akhirnya Rizki Ananda lot (05) dari Kecamatan Pariangan tampil jadi Uda Tanah Datar. Dan Aulia Wahyu Nurul Rizki lot (06) dari Kecamatan Lintau Buo Utara tampil jadi Uni Tanah Datar. Mereka berhasil unggul dari pesaing lainnya dan berhak menerima selempang Uda Uni Tanah Datar sebagai Duta Wisata tahun 2017, dan selempang disematkan lamgsung Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah.

Acara juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan kesenian dan budaya seperti penampilan baju adat daerah, tari pasambahan oleh peserta uda uni, tari piring di atas kaca, lagu minang dan kesenian lainnya, serta alunan merdu suara Kapolres Tanah Datar AKBP Bayuaji Yudha Pajas, S.Ik.

Turut hadir pada acara tersebut Asisten I Setda Tanah Datar Drs. Mukhlis, Polres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas S.Ik, Kasdim 0307 Tanah Datar, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Kepala OPD dan tamu undangan lainnya. (Irfan F)

Comments

comments