Inilah Penyebab Melonjaknya Pendaftar UMPN 2017 PNJ

BERBAGI
Suasana Ruangan UMPTN 2017 di Politeknik Negeri Jakarta. (Foto: AMundzirul)

MEDIAHARAPAN.COM, Depok – Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, terdapat pelaksanaan Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) dilaksanakan pada (20/5) di Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), Depok, Jawa Barat. Peminat UMPN 2017 di PNJ, tahun ini diatas 6000 orang dibandingkan tahun 2016 dibawah 5000 orang. Apakah penyebab melonjaknya peminat UMPN 2017 di PNJ?

Menurut Susilawati Thabrany, Sekretaris Jurusan Teknik Grafika Penerbitan PNJ, Peminat UMPN tahun ini diatas 6000 orang dibandingkan tahun 2016 dibawah 5000 orang. Khususnya Program Studi Desain Grafis dan Jurnalistik di tahun ini terdapat peminat yang sangat signifikan. Menurutnya, adanya lonjakan peminat UMPN disebabkan sejak adanya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) kemudian Pemerintah mewajibkan pekerja di Indonesia berdasarkan keterampilan. Oleh karena, pendidikan vokasi yang lebih dibutuhkan oleh industri, itu menjadi motivasi Calon Mahasiswa Baru memilih politeknik.

Fahrudin Muchtar, Ketua UMPN 2017 di PNJ, mengatakan, baik soal UMPN di PNJ sama dengan soal di Politeknik Bandung, Politeknik Malang, maupun Politeknik Medan. Adanya kesamaan soal pada UMPN 2017 dengan soal tahun sebelumnya, itu hanya kebetulan sama, pastinya setiap tahun akan berbeda soalnya. Untuk kuota mahasiswa ujian mandiri saat ini 30% dan kuota undangan ada 30%. Menurut data yang ada 50% calon mahasiwa berasal dari Jawa Barat, 40% DKI, dan 10% dari daerah lainnya.

“Karena kebetulan dekat dari rumah dan PNJ juga udah terkenal bagus, jadi ya pengen nyoba aja,” ujar Tassya Adella, peserta UMPN. Kebanyakan orang untuk mengikuti SBMPTN ataupun UMPN biasanya mengikuti program bimbingan intensif tetapi ia hanya mengandalkan belajar mandiri dan latihan dari soal-soal UMPN 2016. Walaupun ia mengikuti SBMPTN 2017, ia juga mengikuti UMPN 2017 di PNJ. Meski begitu, ia pun sangat berharap lulus UMPN di PNJ, ia menganggap saat ini politeknik sangat bersaing khususnya di dunia pekerjaan.

“Menurut saya, saat ini politeknik menjadi pilihan favorit bagi Calon Mahasiswa Baru dan banyak lulusan yang udah bagus juga ketika terjun di dunia kerja. Saya sangat senang apabila anak saya diterima di PNJ karena dari beberapa ribu orang, anak saya bisa tembus dan itu hebat sekali.” ujar Sultan, salah satu orang tua dari Peserta UMPN 2017 di PNJ.

Pelaksanaan UMPN di PNJ, Terdapat 59 ruangan dipakai diantaranya gedung Teknik Mesin, Teknik Sipil, Teknik Elektro, Akuntansi, Teknik Grafika dan Penerbitan, Administrasi Bisnis, Teknik Listrik, Alat Berat, dan Administrasi Pusat. Pada masing-masing ruangan ada 24 peserta UMPN dan satu pengawas ujian. Pengawas ujian berasal dari dosen, ada juga beberapa mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan UMPN. 
“Kali ini UMPN di PNJ berjalan aman, dengan situasi lebih kondusif dan tertata daripada tahun sebelumnya, masih ada kendala seperti lembar jawabannya kurang, dan pembagian soalnya tidak tepat waktu.” ujar Sheeran Christiani, pengawas UMPN 2017 di PNJ.

“Adakanlah penyuluhan maupun sosialisasi tentang politeknik kepada calon mahasiswa baru yang sedang mencari kuliah, supaya mereka tidak bingung mencari kuliah,” tutur Sultan, salah satu orang tua Peserta UMPN 2017 di PNJ, Depok. (AMA)

Comments

comments