Kemenpora Gulirkan Dana Bantuan Pembangunan Sarana Olahraga Desa

BERBAGI
Menpora Imam Nahrawi (NET)

MEDIAHARAPAN.COM, Jakarta – Bagi masyarakat khususnya pemuda Desa sudah bisa merealisasikan mimpi untuk memiliki sarana olaharaga di Desa, pasalnya Sejak tahun 2015 Kemenpora telah menggulirkan Program Dana Bantuan Pemerintah Untuk Pembangunan dan  Rehabilitasi Lapangan Olahraga Desa atau yang lebih popular dikenal dengan nama program 1 desa 1 lapangan.

Program yang digagas oleh Menpora Imam Nahrawi ini merupakan penjabaran kebijakan pemerintah berdasarkan 9 agenda prioritas  Nawa Cita khususnya butir ketiga “membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan”.

Program ini bertujuan untuk Meningkatkan peran serta dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di bidang Keolahragaan dan  Meningkatkan prasarana dan sarana olahraga yang layak dan memenuhi standar serta Mengembangkan minat bakat dan potensi olahraga di daerah khususnya di tingkat desa.

Bantuan pemerintah melalui program ini dalam pelaksanaannya diutamakan dengan cara swakelola dengan semangat gotong royong memberdayakan seluruh lapisan masyarakat. Sehingga dari program ini diharapkan mampu menumbuh-kembangkan partisipasi seluruh unsur atau potensi yang ada di desa dalam pembangunan dibidang olahraga.

Untuk tahun 2016 yang baru saja berlalu, Kemenpora memberikan bantuan ini untuk sebanyak 346 desa di seluruh Indonesia dari total yang direncanakan dibantu adalah sebanyak 765 desa. Ini merupakan penurunan dibandingkan tahun 2015 dimana berhasil diberikan bantuan untuk 470 desa di seluruh Indonesia.

Kemenpora menjamin program ini dilakukan secara obyektif dan tranparan, karena sebagai informasi di tahun 2015 telah diterima lebih dari 4.000 proposal kepala desa dan jumlah yang hampir sama di tahun 2016, dan kesemuanya itu diproses secara obyektif tanpa preferesi dan pretensi apapun.

Prosedur dan persyaratan untuk memperoleh bantuan tersebut adalah sebagai berikut:

a. Pemerintah Desa mengajukan surat permohonan dan Proposal pengajuan bantuan yang ditujukan kepada Menteri Pemuda dan Olahraga Tembusan Kepada SKPD Keolahragaan Provinsi dan 
kab/kota;

b. Ketersediaan lahan/bangunan yang cukup untuk membangun/ 
merehabilitasi lapangan olahraga;

c. Status tanah tidak dalam sengketa, serta dibuktikan dengan fotokopi atas hak yang jelas (sertifikat, akta jual beli, girik dan lain-lain);

d. Pada tahun anggaran 2015 dan 2016 tidak sedang menerima 
program sejenis yang bersumber dari dana APBN/APBD;

e. Rencana Anggaran Biaya (RAB) lapangan olahraga dan Gambar 
Rencana Kerja yang telah disetujui Satuan Kerja Perangkat Daerah 
Pekerjaan Umum/prasarana di Kabupaten atau Unit Teknis Terkait;

f. Adanya rekomendasi dari Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menangani keolahragaan di Kabupaten/Kota yang 
ditembuskan ke Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi. Sebagai gambaran besaran bantuannya adalah sebagai berikut:

Jenis Bantuan dan Jumlah Bantuan

  1. Lapangan voli Rp. 100.000.000
  2. Lapangan bulutangkis Rp. 100.000.000
  3. Lapangan panjat dinding Rp. 145.000.000
  4. Lapangan futsal Rp. 170.000.000
  5. Lapangan sepak bola 185.000.000

Editor: Handriansyah

Sumber: Kemenpora

Comments

comments