Kukuhkan Pengurus Karang Taruna, Bupati Minta Konsolidasi Organisasi

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Karang Taruna sebagai Organisasi Kepemudaan di Indonesia merupakan wadah pengembangan kreatifitas generasi muda nonpartisan, tumbuh atas dasar kesadaran dan rasa tanggungjawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat khususnya wilayah pedesaan maupun komunitas sosial sederajat.
Sebagai organisasi sosial, Karang Taruna merupakan wadah pembinaan dan pengembangan serta pemberdayaan dalam upaya mengembangkan kegiatan ekonomis yang produktif dengan menggerakkan semua potensi yang tersedia dilingkungan baik Sumber Daya Manusia (SDM) maupun Sumber Daya Alam (SDA) yang tersedia.

Sebagai organisasi kepemudaan, Karang Taruna berpedoman pada Pedoman Dasar dan Pedoman Rumah Tangga di mana telah diatur tentang struktur penggurus dan masa jabatan dimasing-masing wilayah mulai dari Jorong, Nagari hingga sampai tingkat Nasional.

“Sebagai organisasi sosial yang bergerak pada bidang pemberdayaan masyarakat terutama generasi muda, organisasi karang taruna harus di konsolidasi,” Kata Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi.

Hal itu dikatannya usai mengukuhkan kepengurusan Organisasi Karang Taruna Kabupaten Tanah Datar periode tahun 2018-2023, Kamis (27/12) di gazebo Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Menurutnya, karang taruna berdiri dengan tujuan memberikan pembinaan dan pemberdayaan kepada para remaja, seperti dalam bidang keorganisasian, ekonomi, olahraga, keterampilan, advokasi, keagamaan dan juga kesenian.

“Lakukan konsolidasi (penguatan lembaga keorganisasian) sampai ketingkat nagari minimal, artinya satu nagari punya satu karang taruna, “ucapnya.

Ia juga puji salah seorang pemuda pelopor asal Nagari Tanjuang Bonai bernama Wella yang mampu mengolah bahan limbah jerami padi menjadi aneka miniatur hewan.”Dia sudah mampu menjadi pelopor dinagarinya, di kabupaten Tanah Datar, bahkan juara di Provinsi Sumatera Barat kategori pemuda pelopor, bahkan saat ini persiapan menuju nasional,” ungkap bupati.

Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra yang hadir saat pengukuhan tersebut katakan,” Saya besar dari karang taruna, pernah menjabat ketua karang taruna, jadi sangat besar manfaatnya organisasi ini bagi sosial kemasyarakatan dan pemberdayaan serta ekonomi, “ucapnya.

Sebelumnya ketua karang taruna Tanah Datar terpilih periode tahun 2018-2023, Beni Remon sampaikan, bersama kepengurusan yang baru saja dikukuhkan akan membawa organisasi karang taruna Tanah Datar lima tahun kedepan lebih berkiprah sehingga dapat membawa perubahan bagi kemajuan generasi muda Tanah Datar.

“Kedepan kita bersama organisasi akan berinovasi, berkarya dalam kegiatan pemberdayaan mulai dari tingkat nagari. Sehingga dana nagari dapat dimanfaatkan untuk pemberdayaan tidak semata dialokasikan pada kegiatan fisik saja, “sebutnya.

Pada saat pengukuhan yang juga dihadiri Kepala Dinas Sosial, Kapolres Tanah Datar, Anggota DPRD Tanah Datar, Ketua Karang Taruna Provinsi Sumbar dan beberapa ketua karang taruna se-Sumatera Barat dan beberapa organisasi kepemudaan ini, juga diberikan penghargaan bagi TKSK berprestasi, PSM berprestasi, dan Karang Taruna berprestasi. (Irfan F)

Comments

comments