Pengurus Kerapatan Adat Nagari Kacang Periode 2017-2022 Terbentuk

BERBAGI

MEDIAHARAPAN.COM, Solok – Pemilihan pengurus baru Kerapatan Adat Nagari (KAN) Kacang, Kecamatan X Koto Singkarak periode 2017-2022 yang berlangsung di Balai – Balai Adat Nagari Kacang, Kabupaten Solok Sumatera Barat,  Sabtu (29/7) berjalan lancar dan sesuai dengan harapan.

Pemilihan kepengurusan yang dilakukan secara formatur itu melahirkan pengurus baru dengan susunan Pengurus Inti, Ketua H.Yulius Said Dt.Tan Basa, Wakil Ketua H.Suharmen Thaib Dt.Sutan Ma’Alam dan Badul Datuk Mudo, Sekretaris Muslim Talib Dt.Pakomo. Wakil Sekretaris Suardi Mantari Labih, Bendahara Basri Dt.Bagindo Kayo.
Kepengurusan juga dilengkapi dengan beberapa seksi, antara lain seksi di bidang perdamaian adat, kekayaan Nagari, Adat dan budaya, serta Seksi bagian kehumasan.

Dilansir dari pesan FB pribadinya, Wakil Ketua KAN terpilh periode 2017 -2022 H.Suharmen Thaib Dt.Sutan Ma’Alam mengatakan pengukuhan kepengurusan direncanakan akan digelar pada Bulan September mendatang.

H.Suharmen Thaib Dt.Sutan Ma’Alam juga mengucapkan terima kasih kepada panitia pelaksana, seluruh ninik mamak, bundo kanduang, dubalang adat. Manti serta seluruh elemen masyarakat adat nagari Kacang yang telah berkontribusi dalam kelancaran pemilihan dan pembentukan kepengurusan KAN Nagari Kacang.

Dengan terbentuknya kepengurusan baru ini, ia berharap agar kedepannya nagari kacang bisa menjadi suri tauladan bagi nagari lain baik dalam tatanan kehidupan adat basandi sara’, sara’ basandi kitabullah (ABS-SBK), maupun dalam mengimplementasikan nilai – nilai adat budaya alam Minangkabau lainnya. Serta menciptakan masyarakat dan generasi yang santun dan pemimpin yang adil dan mengedepankan nilai – nlai musyawarah dan mufakat, sesuai filosofi kamanakan barajo kamamak, mamak barajo ka panghulu, panghulu barajo ka musyawarah jo mufakat serta musyawarah dan mufakat barajo ka nan bana.

Pria yang jga menjabat sebagai Assisten II pada pemerintahan Kabupaten Solok itu juga meminta dukungan terhadap seluruh pemangku adat, pemerintah nagari dan masyarakat nagari Kacang agar KAN bersama – sama dengan seluruh elemen pemerintahan, adat dan masyarakat saling bergandengan tangan dan besinergi demi kemajuan pembangunan nagari Kacang dari segala sektor. 
“Semoga kedepan Nagari Kacang mampu menjadi garda terdepan dalam mendukung program pemerintahan daerah Kabupaten Solok, terutama dalam visi mewujudkan masyarakat yang maju dalam nuansa ABS-SBK dan program Maghri Mengaji Subuh berjama’ah, guna mewujudkam masyarakat / generasi Nagari Kacang yang agamais, maju, sejahtera, berakhlak, santun serta beradat,” pungkasnya. (Amel)

Comments

comments