Pentingnya Koperasi, TNI Gandeng Dinas Koperindag Sosialisasi ke Masyarakat

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Koperasi sebagai wadah yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan anggota dan masyarakat, juga dapat membangun tatanan perekonomian nasional demi terwujudnya masyarakat yang maju, adil dan makmur, selayaknya ini tumbuh dan berkembang dalam tatanan kehidupan masyarakat.

Sebagai upaya dalam meningkatkan kesejahteraan anggota dan kemakmuran masyarakat, tidak mengejar keuntungan pribadi, maka koperasi harus dipahami sebagai suatu badan usaha yang bertujuan mengumpulkan modal dan bekerja sama untuk mencapai tujuan anggotanya.

Dari itu Tentara Nasional Indonesia (TNI) menggandeng Dinas Koperasi Perindustian dan Perdagangan (Koperindag) Kabupaten Tanah Datar untuk melakukan sosialisasi tentang pentingnya berkoperasi.

Pasiter Kodim 0307 Tanah Datar Kapten Inf. Yuliasman, Senin (05/11) mengatakan jika sosialisasi yang dilakukan kepada masyarakat ini sebagai bentuk kepedulian TNI terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama di pedesaan.

Dia juga menyebut jika kegiatan sosialisasi ini merupakan rangkaian dari kegiatan non fisik Tentara Manunggal Membangun Desa/Nagari (TMMD) ke-103 Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar.

“Alhamdulillah, kegiatan sosialisasi tentang pentingnya koperasi ini disambut baik masyarakat, dan Dinas Koperindag Tanah Datar turut memberikan suport, sehingga melalui kepala dinasnya, Marwan, menghadirkan Pejabat Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Barat Rika Esas Mida,” ucap Dia di Dusun Melayu Jorong Kubang Landai Nagari Saruaso.

Selaku koordinator lapangan TMMD ke-103 itu, Dia juga menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir tentang program TMMD tahun 2018, yaitu dua sasaran yang menjadi target, seperti sasaran fisik dan non fisik.

“Sasaran fisik terdiri dari beberapa kegiatan infrastruktur yang diperlukan bagi masyarakat setempat, diantaranya adalah membuka jalan baru sekaligus pengerasan, pengecoran jalan, pembuatan irigasi, rehab Rumah Tidak Layak Huni bagi warga kurang mampu, rehap pos ronda, perbaikan MCK dan Mushalla,” urainya.

Sementara untuk sasaran non fisik dikatakannya, seperti pengobatan gratis, sosialisasi donor darah, penyuluhan wawasan kebangsaan kepada pelajar dan sosialisasi tentang pentingnya koperasi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama kepala Dinas Koperindag Kabupaten Tanah Datar Marwan yang turut hadir pada saat sosialisasi tersebut menyampaikan, tujuan dari sosialisasi perkoperasian ini adalah untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada masyarakat karena sampai saat ini masih banyak warga yang belum paham tentang perkoperasian, sebut Dia.

“Potensi usaha yang dimiliki oleh masyarakat dinagari sebenarnya sudah maju dan berkembang, namun sejauh ini masih belum terwadahi oleh suatu badan usaha seperti koperasi,” ucapnya lagi.

“Sebagai unsur dari pemerintah, pihak Perkoperasian dan UKM Kabupaten akan berupaya membantu, membimbing dan mengarahkan masyarakat untuk membentuk badan usaha koperasi supaya bisa mewadahi suatu usaha yang telah dimiliki agar bisa mengalami perkembangan dengan pesat yang berujung peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutur Marwan. (Irfan F)

Comments

comments