PMI Tanah Datar Bakal Segera Miliki UTD

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Tidak lama lagi Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Datar, bakal memiliki Unit Transpusi Darah (UTD) PMI, sebelumnya UTD ini di bawah pengelolaan rumah sakit yaitu Unit Transpusi Darah Rumah Sakit (UTDRS) M. Ali Hanafiah Batusangkar.

Hal itu dikatakan Plt. Ketua PMI Tanah Datar Kapten. Inf. Yuliasman pada saat rapat kerja dengan pengurus PMI Tanah Datar, Rabu (06/02) di Indo Jolito Batusangkar.

Dikatakannya, UTD PMI ini bakal di launching bulan Maret mendatang, “hal ini sudah mengacu pada undang-undang yang mana tugas dari PMI ini adalah pada bidang pengelolaan darah, dan segala sesuatu untuk menunjang ini sudah dipersiapkan, termasuk kesiapan dari RSUD untuk memberikan tanggungjawab kepada PMI dalam hal pengelolaan UTD ini, dan juga izin dari Pemerintah Daerah, “ucapnya.

“Kedepan kita akan tetap bekerjasama dengan RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar dalam hal transpusi darah, karena ini ditunjang SDM seperti halnya tenaga dokter dan tenaga teknis lainnya, begitu juga sarana dan prasarana. Untuk pedoman kita merujuk pada Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 83 tahun 2014, pasal 7 yang menyebutkan UTD ini ada mulai dari tingkat pusat, provinsi dan daerah, jadi kita sudah harus mempersiapkan diri,”tukasnya.

Ketua non aktif Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi, pada kesempatan yang sama turut memberikan suport dan dukungan atas rencana pembentukan UTD ini, “semoga ini cepat terealisasi karena berkaitan dengan kesehatan, disamping itu kebutuhan darah juga cukup tinggi didaerah kita, “ucapnya.

Dia juga menyebutkan jika hal itu sudah disampaikan pada pimpinan daerah dan pimpinan daerah sangat respon, karena nantinya juga akan berkaitan dengan anggaran.

PMI sebagai tugas sosial, harus lebih profesional dan mampu memberikan pelayanan terbaik bagi kesehatan masyarakat, “mengingat waktu launching semakin dekat, maka PMI harus bekerja ekstra dalam hal mepersiapkan segala sesuatu, baik itu SDM maupun sarana prasarana yang dibutuhkan, “harap Emi.

Kepala Dinas Kesehatan Yesrita Zedrianis turut berikan dukungan dan akan persiapkan tenaga teknis tambahan untuk UTD tersebut, sehingga PMI dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. Namun pemakaian aset rumah sakit yang akan dipinjamkan atau diperuntukkan bagi kelancaran UTD nanti harus dikoordinasikan dengan OPD terkait, harapnya.

Ditempat terpisah Nadi yang akrab disapa Un kepala Markas PMI Tanah Datat didampingi sekretaris PMI Faisal katakan jika untuk saat ini peralatan dan pengelolaan transfusi darah masih di RSUD M. Ali Hanafiah Batusangkar, untuk itu kedepannya ini bisa dikelola managemenya oleh PMI Tanah Datar.

“Dengan telah adanya nanti UTD PMI ini maka kita akan berupaya melakukan aksi donor darah dan sosialisasi ke dinas-dinas yang ada bahkan nanti juga turun ke nagari-nagari dan jorong-jorong di Kabupaten Tanah Datar, “ucapnya.

“Upaya kedepan kita akan berikan bagi pendonor kartu dan pemberitahuan sekali tiga bulan melalui SMS jika waktunya untuk mendonor sudah tiba,” pungkas Uun.

Hadir dalam rapat kerja PMI tersebut Kasatpol PP Damkar Yusnen, Direktur RSUD M. Ali Hanafiah Afrizal Hasan, Kabag Humas dan Protokol Syahril dan anggota PMI Tanah Datar. (Irfan F).

Comments

comments