Beralih Status Surau Nur Illahi Menjadi Masjid, Wakil Bupati Adzan Shalat Jum’at Perdana

MEDIAHARAPAN.COM, Tanah Datar-Keinginan masyarakat Aia Mancua Nagari Singgalang Kabupaten Tanah Datar, meningkatkan status Surau Nur Illahi yang terdapat di lokasi objek wisata air terjun Lembah Anai menjadi Masjid terkabul.

Harapan masyarakat yang ingin memiliki sebuah masjid di Jorong mereka tersebut dibuktikan dengan mengadakan syukuran bersama sekaligus melaksnakan Shalat Jum’at perdana dan bertindak menjadi bilal adzan pertama Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Jum’at (11/05) di Masjid Nur Illahi Jorong Aia Mancua Nagari Singgalang, yang baru saja diresmikannya tersebut.

Sebelumnya pada saat peresmian Masjid Nur Illahi ini dalam sambutan, Wakil Bupati Zuldafri Darma katakan, Jorong Aia Mancua yang di lalui Jalan Raya Padang-Bukittinggi dan juga terdapat objek wisata air terjun dan pemandian mega mendung ini sudah sepatutnya memiliki sebuah masjid, mengingat ini dapat menunjang pariwisata juga untuk fasilitas beribadah masyarakat termasuk melaksanakan ibadah shalat Jum’at, ucapnya.

Untuk kelancaran dan percepatan proses pembangunan Masjid Nur Illahi tersebut Wakil Bupati Zuldafri Darma atas nama Pemerintah Daerah mengupayakan bantuan sebesar Rp. 50 juta rupiah yang akan diusulkan pada perubahan APBD Tahun 2018, jika tidak bisa pada APBD Perubahan, akan diusulkan kembali pada APBD Tahun 2019 dinaikkan menjadi Rp.100 juta rupiah, sebutnya.

Tak lupa wabup juga himbau masyarakat untuk meramaikan masjid, “dengan telah diresmikannya Surau Nur Illahi ini menjadi Masjid Nur Illahi maka mari kita ramaikan untuk melaksanakan ibadah maupun kegiatan keagamaan lainnya”, ucap Zuldafri Darma.

Pada kesempatan yang sama Syafrianto pengurus masjid sekaligus panitia pembangunan katakan, dengan jumlah penduduk 200 KK lebih pada Jorong Aia Mancua ini, bersepakat membangun sebuah Surau yang diberi nama Nur Illahi.

Dan pada awal Februari yang lalu setelah pembangunan mencapai 75%, masyarakat berubah pikiran untuk menjadikan surau ini menjadi sebuah Masjid. “Berkat kerja keras seluruh elemen masyarakat dan donatur, alhamdulillah pada hari ini kita sudah dapat melaksanakan Shalat Jum’at berjamaah dan dihadiri langsung Wakil Bupati”, ucapnya.

Syafrianto ceritakan dari awal pembangunan Surau Nur Illahi, atas musyawarah dan mufakat masyarakat Jorong Aia Mancua terkumpul infak dan sedekah (badoncek) sebesar Rp. 3 juta rupiah, ditambah dana ketiding berjalan yang mencapai Rp. 2 juta rupiah. Setelah proses pembangunan berjalan atas inisiasi Wali Nagari, maka pemerintahan Nagari Singgalang juga turut memberikan bantuan berupa atap, tuturnya.

Untuk bantuan lain para donatur juga turun tangan seperti bantuan kubah, semen dan material lainnya maupun dalam bentuk uang, yang hingga saat ini sudah menelan anggaran lebih kurang Rp.125 juta rupiah yang telah terealisasi pada bangunan masjid, tempat berwuduk dan WC serta pembangunan jalan menuju masjid, ucap Syafrianto.

Turut hadir pada acara tersebut Sekcam X Koto, Forkopimca, tokoh masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Irfan F)

Comments

comments