Masuk Amcrely Gratis Buka dari Jam Empat Sore

MEDIAHARAPAN.COM, Ambon,- Setelah tutup beberapa hari karena ada perbaikan box buku, Ambon Creative Library (Amcrely) yang berada dikawasan Gong Perdamaian Kota Ambon, kembali dibuka.

Menurut Direktur Unit Amcrely, Wiwin Soulissa, beberapa hari ini Unit Amcrely di Gong Perdamaian Ambon sengaja ditutup dan buku-buku dipindahkan karena ada perbaikan atap box. “Perbaikan memakan waktu empat hari karena atap semula bisa bocor kalau hujan”, jelasnya

Wiwin juga menjelaskan bahwa
sebagian buku saat Amcrely di launching 6 November kemarin masih dipinjam sementara dari beberapa sekolah, dan juga sudah dikembalikan, buku yang ada sekarang masih belum banyak, koleksi Amcrely dan sumbangan warga.

“Memang sejak awal konsep Amcrely itu adalah buku-buku yang didapat dari sumbangan warga, terutama dari warga yang punya koleksi buku bekas di rumah. Siapa saja boleh datang dan baca, buku boleh dibawa pulang, asalkan yang mau membawa pulang buku menukar dengan bukunya. Jadi ada proses barter buku”, ungkap Wiwin.

Terkait keluhan sejumlah warga yang keberatan masuk ke Gong Perdamaian harus membayar pihaknya menjelaskan kalau itu urusan Dinas Pariwisata Provinsi Maluku, mereka yang bikin kebijakan itu, tapi untuk masuk dan berkunjung ke Amcrely gratis.

Relawan yang bekerja paruh waktu di Amcrely.

“Memang kebijakan itu sudah lama, jauh sebelum ada Amcrely, kami juga merasa aneh kenapa orang ke Gong Perdamaian harus diminta atau dipingiti bayaran yah, ruang publik kok mesti bayar. Yang pasti ke Amcrely gratis, sekali lagi gatis, ini perlu kami tekankan karena banyak pihak yang mau ke Amcrely tapi mengeluhkan harus membayar dulu ke petugas”, tegas Wiwin.

Perempuan asal Maluku Tenggara Barat ini juga menyarankan kepada warga untuk bilang ke petugas kalau mau ke Amcrely, dan itu gratis. Kalau harus membayar bisa-bisa orang tidak datang baca atau tukar buku di Amcrely. “Biasanya ada petugas dari Pemprov Maluku yang cegat dipintu gerbang, bilang saja kalau mau ke Amcrely, dan itu gratis, atau langsung menghubungi penjaga Amcrely yang ada dekat box buku”, urai Wiwin.

Dikatakan, Amcrely tiap hari mulai buka dari jam 4 sore hingga 9 malam, waktu pulang kantor atau ‘happy hours’, dan sudah tidak terlalu panas diseputaran Gong Perdamaian, juga pas tidak ada hujan. “Kita juga rencana ada kegiatan lainnya disela-sela itu, misalanya pertunjukan musik dan diskusi buku,” pungkasnya (*)

Comments

comments