Peringatan Harganas XXV di Sulut, Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi Raih Penghargaan

MEDIAHARAPAN.COM, Manado-Peringatan Puncak Hari Keluarga Nasional (HARGANAS) ke XXV dipusatkan di Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara, Jumat (06/07).

Kegiatan yang dilaksanakan di Gedung Pertemuan (Graha) Gubernuran Sulawesi Utara tersebut dirangkai dengan pemberian penghargaan dari Kepala BKKBN kepada Gubernur, Bupati/Wali Kota dan Ketua Tim Penggerak PKK yang dinilai berhasil dibidang Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga.

Penghargaan berupa Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Darma Karya Kencana yang diberikan kepada 120 orang kepala daerah dan ketua TP-PKK ini disematkan langsung oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI Puan Maharani.

Dari 120 orang kepala daerah dan ketua TP-PKK se-Indonesia ini salah satunya Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi yang pada kesempatan itu menerima penghargaan Manggala Karya Kencana karena dinilai berhasil mensukseskan program Keluarga Berencana di Tanah Datar.

Pada kesempatan tersebut, Puan Maharani berikan apresiasi bagi kinerja Gubernur, Bupati, Walikota dan TP-PKK yang telah sukses dibidang kependudukan dan keluarga berencana itu.

Puan Maharani juga mengucapkan selamat kepada semua pejabat daerah atas penganugerahan di bidang kependudukan keluarga berencana yang baru saja diterima tersebut.

Sementara itu via WhatsApp Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, sampaikan ucapan terima kasih pada Pemerintah Pusat yang telah memberikan penghargaan dibidang kependudukan dan keluarga berencana tersebut.

Ini semua tak luput dari upaya kita bersama dan keterlibatan semua unsur baik itu OPD, Dinas Terkait dan elemen masyarakat yang saling bersinergi, untuk menciptakan keluarga yang berencana, keluarga yang sejahtera dengan berbagai upaya peningkatan perekonomian keluarga, sampainya.

Irdinansyah juga jelakan bahwa keberhasilan program Keluarga Berencana di Tanah Datar menurut penilaian Pemerintah Pusat tersebut dilihat dari keberhasilan program KKBPK dengan komitmen dan dukungan anggaran serta pencapaian jumlah peserta KB aktif dan peserta KB Baru.

Itu juga ditandai dengan lebih cerdasnya masyarakat dalam mengikuti program KB, Keluarga Berencana bukan berarti menghambat atau membatasi kelahiran tapi justru mengatur jarak kelahiran.

“Selain itu kita di Tanah Datar juga punya program yang berbasis kepada masyarakat yang kurang mampu dan program peningkatan ekonomi keluarga”, katanya.

Seperti halnya program Gapura Mantap yang telah kita mulai sejak beberapa tahun lalu. Gerakan pugar rumah bagi keluarga kurang mampu ini kita laksanakan sebagai upaya menciptakan keluarga yang sejahtera.

“Kita tahu bahwa keluarga yang sehat dan sejahtera itu tentu didukung oleh sebuah tempat tinggal yang layak untuk ditempati”, sebut Irdinansyah.

Pada tahun 2018 ini kita akan merehab rumah tidak layak huni sebanyak 1.075 unit. Jumlah ini kita tingkatkan dari tahun sebelumnya yang hanya berjumlah 650 unit.

Kegiatan ini dilaksanakan dari berbagai sumber dana seperti APBD, Dana Aspirasi Anggota DPRD, Perantau, Dana Nagari dan APBN, katanya.

Ia sampaikan juga hingga saat ini masih ada sekitar 3.650 unit rumah tidak layak huni lagi yang tersebar di 14 kecamatan di Tanah Datar.

Semoga kedepan dengan dukungan semua pihak, target minimal dua pertiga dari total rumah tidak layak huni tersebut dapat terealisasi diakhir RPJMD Tanah Datar, harap Irdinansyah.

Sementara itu Ketua TP-PKK Ny. Emi Irdinansyah juga ucapkan terima kasihnya atas penghargaan dari pemerintah pusat tersebut terhadap Kabupaten Tanah Datar.

Ia katakan, “Ini juga berkat upaya kita semua untuk menciptakan keluarga yang sejahtera di daerah, kita TP-PKK selalu aktif dalam menggerakkan kader mulai dari kabupaten, kecamatan, nagari hingga ke jorong”.

“Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan keluarga, kader kita juga melalukan berbagai usaha untuk meningkatkan ekonomi seperti halnya home industri, pemanfaatan lahan untuk ditanami tanaman yang menghasilkan, pengembangan ternak ayam, kolam ikan dan masih banyak yang lainnya, disamping juga upaya kita dalam hal peningkatan keagamaan, sampai Emi.

Acara yang juga dihadiri Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI Yohana Yembise, Kepala BKKBN Sigit Priohutomo, Ketua Umum TP-PKK Erni Guntarti Tjahjo Kumolo, tersebut Bupati Tanah Datar dan Ketua TP-PKK turut didamping Kepala Dinas PMDPPKB Adrion Nurdal. (Irfan F)

Comments

comments