Pisah Sambut Ketua PN Batusangkar, Hakim Agung Dudu Duswara, “Hukum Living Law”

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Hukum yang benar menurut pakar dari Jerman Eugen Elrlich (1862-1922) living law, yaitu hukum yang hidup dan berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Menurut Elrlich dalam Menguak Tabir Hukum oleh Prof. Dr. Achmad Ali, S.H, M.H, living law, pusat kegiatan dari perkembangan hukum tidak terletak pada undang-undang, tidak pada ilmu hukum dan tidak pula pada putusan pengadilan, melainkan pada masyarakat itu sendiri.

Dari definisi Elrlich ini pun tampak sangat menjauhi pandangan yang normatif dogmatik. Elrlich tidak melihat hukum dalam wujud sebagai kaidah, melainkan melihat hukum dalam wujud sebagai masyarakat sendiri, maka lahirlah pandangan konsep tentang living law yaitu hukum yang hidup dalam masyarakat.

Konsep tentang living law ini pun disebutkan oleh Hakim Agung Dudu Duswara, “Konsep hukum yang benar adalah menurut pakar hukum dari Jerman living law,” katanya pada saat menghadiri Malam Perkenalan dan Pisah Sambut Ketua Pengadilan Negeri (PN) Batusangkar dari Efendi, SH, MH kepada Tiwik, SH, M.Hum, Sabtu malam (18/01) di Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Hal itu Ia katakan karena ketertarikannya pada sambutan Ketua PN yang lama Efendi yang menyampaikan sedikit tentang tatanan kehidupan masyarakat Minangkabau, terkhusus masyarakat Kabupaten Tanah Datar.

Living law katalisator dari positif atau negatif menuju pembangunan Hukum Nasional. Hal ini terus berkembang seiring kemajuan ekonomi, salah satunya hukum bisnis atau hukum ekonomi.

“Oleh karena itu koordinasi yang telah dilakukan ketua PN Batusangkar yang lama bersama pemangku kepentingan di Tanah Datar selama ini, saya ucapkan terima kasih, dan kepada Ketua PN yang baru Tiwik, apa yang telah dilaksanakan dengan baik itu agar diikuti bahkan ditingkatkan,” ucap Dudu.

Tiwik Ketua PN Batusangkar yang baru, sebelumnya bertugas di PN Majalengka sampaikan bahwa dirinya baru dilantik hari ini, mohon dukungan dari Pemerintah Daerah dan semua pihak, agar dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya di Tanah Datar.

“Dari info yang saya dengar Forkopimda nya kompak, dan dari itu kedepannya ini agar tetap terbangun,” kata Tiwik.

Ketua PN Batusangkar yang lama Efendi, putra asli Suliki Payakumbuh ini katakan selamat datang kepada Ketua PN yang baru dilantik sebagai Ketua PN Batusangkar atau landraad pengadilan untuk pribumi pada masa lalu.

“Terima kasih pada Pemerintah Daerah Tanah Datar dan Forkopimda yang lain atas kerjasamnya selama saya bertugas di Tanah Datar, “kata Dia.

Efendi juga puji masyarakat tanah datar, pemda dan forkopimda yang sudah menjalin kerja sama yang baik dengan PN Batusangkar. “Mohon bantuan kerjasama kepada pemda, semua pihak termasuk forkopimda agar tugas ketua PN yang baru dapat berjalan baik,” ucapnya.

Ketua DPRD Anton Yondra, turut sampailan ucapan terima kasih kepada ketua PN selama bertugas di Tanah Datar.Kepada ketua PN yang baru Ia sampaikan ucapan selamat datang dan selamat bertugas di Tanah Datar. “Semoga kedepannya tetap terjalin hubungan yang harmonis dengan semua pihak dan dapat membawa tanah datar lebih baik lagi.

Sementara Wakil Bupati Zuldafri Darma, pada kesempatan yang sama turut mengucapkan selamat datang kepada Ketua PN yang baru dan selamat bertugas di Tanah Datar, dan ucapan terima kasih kepada Ketua PN yang lama atas dedikasi selama bertugas di Tanah Datar dan selamat bertugas ditempat yang baru sebagai wakil Ketua Pengadilan Negeri Purwakarta.

Kepada OPD dan pemangku kepentingan di daerah wabup minta agar bekerja dengan sebaik-baiknya, apa lagi menyangkut soal uang/anggaran, agar tidak tersandung kasus hukum.

Wabup Zuldafri Darma berharap kedepan agar kesadaran masyarakat semakin tinggi akan hukum, sehingga tidak terjadi kasus-kasus yang melanggar hukum.

Turut hadir dalam acara pisah sambut tersebut, Asisten I dan II Setda Tanah Datar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD, Kajari Tanah Datar M. Fatria. Kapolres Tanah Datar Akbp. Bayuaji Yudha Prajas, Wakapolres Padang Panjang Kompol. Arifin Daulai, Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Inf. Munawar, beberapa orang Camat se-kab. Tana Datar, Ketua GOW Ny. Retri Zuldafri Darm dan Pimpinan Bank Syariah Mandiri Batusangkar. (Irfan F)

Comments

comments