Waduh, Ikan Predator Amazon dilepas di Sungai Brantas Jatim

Sejumlah warga mengangkat ikan Arapaima Gigas yang diapat di Sungai (Foto: FB)

MEDIAHARAPAN.COM, Surabaya – Beberapa hari terakhir media sosial dihebohkan oleh beberapa video yang menayangkan sejumlah pria nampak sedang menangkap sejumlah Ikan Arapaima Gigas berukuran Monster dari Bak Penampungan yang kemudian dilepas kedalam sungai berantas, Jawa Timur dengan menggunakan sebuah mobil.

Kehebohan berlanjut ketika sejumlah warga Sidoarjo yang tengah berada ditepi sungai Mbocok tiba-tiba melihat ikan tersebut, wajar jika menjadi heboh dan geger karena ikan dengan berat 40 Kg dan panjang lebih dari 1 Meter sangat jarang didapati warga yang selama ini beraktifitas disekitar sungai.

Dari informasi yang didapat, Ikan-ikan Predator ini sengaja dilepas oleh sang pemilik tanpa diketahui alasan jelasnya. namun demikian Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) mengaku telah menemukan dan memeriksa pemilik ikan predator Arapaima gigas di Sungai Brantas, Jawa Timur.

seorang warga menggendong ikan Arapaima yang didapat di sungai (FB)

Pemilik berinisial HG (laki-laki) warga Desa Canggu, Jetis, Mojokerto, Jawa Timur kini diperiksa oleh Penyidik PNS Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Kemanan Hasil Perikanan (BKIPM) Jawa Timur.

“(Pemilik) sudah ditemukan. Saat ini sedang diinvestigasi oleh penyidik PNS Balai Karantina,” kata Kepala BKSDA Jawa Timur Nandang Prihadi seperti dilansir detikcom, Rabu (27/6/2018).

Dari rumah HG di Canggu, Tim BKSDA juga menemukan 4 ekor ikan Arapaima yang ada di kolam budidaya dan 18 ekor ditemukan di rumah HG di Desa Trosobo, Sidoarjo, Jawa Timur.

Panjang Ikan Arapaima Gigas dapat mencapai 3 Meter dan berat mencampai hampir 100 Kg. (Ilustras:NET)

Diketahui, ikan Arapaima ini berasal dari sungai Amazon, panjang ikan ini bisa mencapai 3 meter dengan bobot hampir 100Kg. ikan ini menjadi ancaman tersendiri bagi penduduk amazon karena menyerang manusia. selain itu Ikan ini dapat menjadi ancaman bagi habitat ikan lainnya.

Biasanya ikan Predator ini dijadikan Bisnis para Penghoby sport fishing seperti di Bangkok Thailand dan juga beberapa tempat Wisata mancing di Indonesia, dimana terdapat kolam khusus yang menyediakan Ikan Arapaima berukuran Monster untuk dipancing.

Para pemancing yang penasaran dengan sensasi tarikan dan perlawanannya dapat memancing ikan Monter ini dikolam tersebut, tentunya dengan membayar sejumlah uang sebagai tiket masuk. [HR]

 

 

 

 

 

Comments

comments