Dua Agenda Besar IKTD Kota Bandung, Bupati Irdinansyah Tarmizi Puji dan Apresiasi

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Usai melaksanakan seminar sehari sebelumnya yang mengangkat tema kemajuan pendidikan anak nagari di Tanah Datar. Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD) Kota Bandung Provinsi Jawa Barat langsung sampaikan ke Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, Minggu akhir pekan lalu di Gedung Pertemuan PT. KAI Kota Bandung.

Keterbatasan potensi yang dimiliki Kabupaten Tanah Datar, seperti bahan tambang dan industri tidak membuat pemerintah daerah patah arang dalam memajukan daerah. “Banyak hal yang dapat dilakukan selain menggerakkan sektor pertanian dan pariwisata, seperti dunia pendidikan yang menjadi perhatian serius pemerintah daerah,” ucap Bupati Irdinansyah Tarmizi saat bersilaturrahmi dengan segenap warga perantau Tanah Datar se Kota Bandung dan sekitarnya itu.

“Saya bangga dan beri apresiasi yang tinggi bagi segenap perantau Tanah Datar se-Kota Bandung dan sekitarnya, saya juga ucapkan terima kasih atas atensinya terhadap pendidikan anak nagari di kampung halaman Luak Nan Tuo sehingga menggagas seminar yang dilaksanakan kemaren dan agenda kedua silaturrahmi akbar pada hari ini,” ucapnya.

Menyinggung soal pendidikan di Tanah Datar, Irdinansyah menyebut, jika sudah banyak program yang dilakukan seperti halnya bantuan biaya pendidikan bagi kelurga yang tidak mampu, perbaikan prasarana pendidikan hingga pemberian reward bagi yang berprestasi.

“Saat ini pelajar di Tanah Datar bagi yang berprestasi kita beri reward studi bading ke luar negeri dan ini merupakan program lanjutan dari beberapa tahun yang lalu dan reward umroh bagi yang hafal Alqur’an, serta bebas memilih sekolah paforit dimana saja di Tanah Datar untuk yang hafizh Aqur’an pula.”

“Program reward umroh ini juga sumbangsih perantau di samping pemda serta biro perjalanan haji dan umroh yang ada di Tanah Datar, selain itu mutu lulusan SLTA juga Tanah Datar yang terbanyak diterima di Perguruan Tinggi Negeri diseluruh Indonesia, bahkan kita diurutan pertama di Provinsi Sumatera Barat, “ulas Bupati.

Terkait asrama mahasiswa Tanah Datar yang ada di Kota Bandung dan dulunya dibangun atas inisiasi perantau, saat ini perlunya renovasi karena sudah ada yang rusak, seperti atap dan plafon yang bocor pemda akan segera memperbaiki,” ini perlu segera kita perbaiki dan kepada DPRD perlu persetujuan agar dana hibah dapat kita alokasikan untuk asrama ini,” tambahnya.

Masalah pembangunan di daerah, disebutkannya jika pemerintah daerah melanjutkan program-program yang telah dimulai pemerintahan terdahulu, “ada empat program unggulan daerah yaitu peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kedua sektor pertanian, ketiga sektor pariwisata dan keempat infrastruktur,” sebut Irdinansyah.

Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra yang juga hadir pada saat tersebut, puji kegiatan perantau selama dua hari itu yang dimulai dengan seminar sehari sebelumnya dan dihari kedua silaturrahmi sesama perantau, “ini luar biasa, selama dua hari meluangkan waktu untuk bertemu dan mengundang unsur dari pemerintah daerah, serta satu-satunya IKTD yang miliki asrama bagi mahasiswa putra dan putri dari kampung halaman,” ucapnya.

Anton juga puji dan sampaikan ucapan terima kasih atas atensi perantau terhadap kampung halaman. Dikatakannya jika bantuan perantau terhadap kampung halaman bahkan melebihi dari pendapatan daerah.

Dia juga sampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah atas tekad membangun Kabupaten Tanah Datar, “telah banyak kegiatan yang dilakukan mulai dari peningkatan kegiatan pembinaan keagamaan, pembangunan, kualitas SDM dan lainnya, sehingga pemerintah daerah banyak raih penghargaan, seperti 6 kali berturut-turut mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari pemerintah pusat dan ini satu-satunya di Provinsi Sumatera Barat,” ucapnya.

Sebelumnya Ketua IKTD Kota Bandung Yusparman, sampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Tanah Datar dan jajaran yang hadir dalam silaturrami akbar tersebut, “semoga kedepan semakin terjalin hubungan silaturrami yang kuat baik sesama warga diperantau maupun dengan masyarakat dikampung halaman,” ucapnya.

“Tidak sebatas sesama warga Tanah Datar saja, namun masyarakat minang pada umumnya dan juga menjaga hubungan baik dengan masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya,”tambah Yusparman.

Acara silaturrahmi akbar yang dihadiri ratusan perantau Tanah Datar di Kota Bandung tersebut juga sekaligus pengukuhan kepengurusan IKTD Kota Bandung oleh bupati dan dimeriahkan dendang kim berhadiah.

Turut hadir dari Tanah Datar Asisten I Sekretariat Daerah Tanah Datar Drs. Mukhlis, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas PU, Camat, Ketua IKPM, Ketua Gebu Minang, Tokoh Perantau dan undangan lainya. (Irfan F)

Comments

comments