Ketua TP-PKK Tanah Datar, Harus Ada MoU Dengan OPD Terkait

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Meningkatkan peran dan fungsi 10 Program Pokok PKK di Daerah, Tim Penggerak PKK Tanah Datar akan lakukan penanda tanganan nota kesepahaman Memorandum of Undersanting (MoU) dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Harus ada MoU dengan OPD terkait jika 10 program pokok itu benar jalan dan mampu mendukung program pemerintah daerah,” kata Ketua TP-PKK Kabupaten Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah Tarmizi di sela-sela kunjungannya ke TP-PKK Kota Depok Provinsi Jawa Barat, Rabu (12/09).

“Peningkatan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kita lihat dari segi maanfaat yang langsung menyentuh masyarakat, untuk itu kita membawa ketua PKK kecamatan dan pengurus kabupaten untuk belajar dari PKK Kota Depok ini, karena mereka sudah berhasil dalam segala bidang terutama program inti PKK ini,” ucap Dia.

Dia menambahkan, jika di Kota Depok Pokja Dua UP2K nya sudah mampu menghasilkan produk rumahan dengan kemasan yang sudah layak masuk supermarket berskala besar dan itu sudah dilakukan dengan MoU, bahkan UP2K ini juga mendapatkan bantuan dana dari APBD Kota Depok, APBD Kecamatan serta CSR dari Pelaku Usaha yang ada di Kelurahan Mekarjaya serta swadaya masyarakat, sebutnya.

“Kita Tanah Datar juga banyak memiliki produk unggulan yang bisa kita pasarkan secara baik, kedepan itu akan kita upayakan, makanya kita gadeng pemerintah daerah dalam hal ini OPD terkait serta pihak swasta maupun BUMN,” kata Dia lagi.

Salah satu kelurahan di Kota Depok yaitu Kelurahan Mekarjaya RW 07 yang dikenal Kampung Gelis (Green Life Style) ini, saat Kader PKK melihat langsung aktifitas masyarakat. Ketua TP-PKK Tanah Datar sangat terinspirasi dengan berbagai inovasi masyarakat, seperti penghijauan, bank sampah, aquaponik, pemilahan sampah, taman toga dan hatinya PKK, kader kesling, jumsih dan MKPRL.

“Di Kelurahan Mekarjaya disetiap perkarangan rumah, warga diwajibkan menanam tiga tanaman seperti jahe, lengkuas dan kunyit di samping tanaman obat lainnya dan ini ternyata sangat bermanfaat,” ucap Dia.

Sebelumnya Plt. Kepala Dinas DPAPMK Kota Depok Evi Sriyanti di Sekretariat PKK Kota Depok menyebutkan, sesuai dengan salah satu misi Kota Depok yang berkaitan erat dengan PKK yaitu meningkatkan sumber daya manusia yang kreatif dan berdaya saing, maka setiap pokja yang ada bersama dengan dinas terkait sudah melakukan kegiatan kemasyarakatan.

Dia mengatakan, “70 persen keberhasilan masyarakat di daerah bahkan di Indonesia itu terletak di tangan PKK,” ucapnya.

“Maka dari itu PKK mulai dari nagari, kecamatan, kabupaten dan provinsi harus bersinergi, sehingga masyarakat akan maju dan sejahtera, karena di PKK semuanya ada seperti pendidikan keluarga, kesejahteraan keluarga, keberhasilan anak, pola asuh anak dan lainnya ditambah lagi semua dinas dapat berkolaborasi dengan PKK,” sambungnya.

Sementara itu Asisten I Sekretariat Daerah Tanah Datar Drs. Mukhlis yang pada kesempatan tersebut turut mendampingi rombongan menyebutkan, PKK yang sasaran utamanya adalah keluarga merupakan mitra pemerintah dan turut menyokong pembangunan terutama dibidang kesejahteraan keluarga, sebutnya.

Dia mengatakan, bahwa PKK tidak hanya pada Dinas PMDPPKB saja namun banyak korelasinya dengan OPD lain, “kedepan nanti di Tanah Datar seperti yang diharapkan ketua TPPKK Tanah Datar terkait MoU, kita akan upayakan dan laporkan pada pimpinan daerah,” katanya.

Dia pun sampaikan ketertarikannya dengan kegiatan PKK Kota Depok yang sudah meraih juara nasional, “semoga ini motivasi bagi kita Tanah Datar dengan capaian kegiatan PKK Kota Depok, ucap Dia.

“Semoga dengan kunjungan kerja TP-PKK Tanah Datar termasuk ketua TP-PKK Kecamatan se Kabupaten Tanah Datar ini, dapat memberikan kesegaran untuk menggerakkan kader-kader di nagari maupun jorong nantinya setelah kembali ke Tanah Datar, sambungnya.

Turut menyambut rombongan dan ikut menyaksikan ekspose dari Ketua TP-PKK Kelurahan Mekarjaya tersebut Wakil Ketua III TP-PKK Kota Depok Sri Rahayu dan Sekretaris TP-PKK Kota Depok Ucu Cularsih. (Irfan F)

Comments

comments