Wujud Kepedulian Keselamatan Pengguna Angkutan Umum, Polres Solok Gelar Operasi Laik Jalan

Sebagai wujud kepedulian Kepolisian Resor (Polres) Solok Arosuka terhadap keselamatan pengguna jalan raya terutama pengguna fasilitas kendaraan penumpang angkutan umum, Sat Lantas Polres setempat menggelar operasi gabungan, Kamis, 13 September 2018, bertempat di depan Kantor Dishub Kabupaten Solok.

Operasi yang digelar dengan menggandeng Dinas Perhubungan Kabupaten Solok itu diselenggarakan dalam rangka mengantisipasi terjadinya kecelakaan lalu lintas khususnya di Wilayah hukum Polres setempat.

Operasi gabungan itu dipimpin langsung oleh Kasat Lantas Polres Solok IPTU Bayful Yendri,SH dan didampingi Kepala Bidang Keselamatan Dishub Kab.Solok Alkamra Adlis,SH,MM.

Dikatakan Kapolres Solok Arosuka AKBP Ferry Irawan,S.IK melalui Kasat Lantas IPTU Bayful Yendri, bahwa operasi yang dilaksanakan atas kerjasama dengan Dishub Kabupaten Solok itu bertujuan dalam rangka penegakan hukum terhadap kendaraan bermotor angkutan umum.

“Adapun sasaran dari operasi terhadap angkutan umum itu meliputi laik uji kendaraan, buku KEUR, dan komponen pendukung lainnya”, imbuhnya.

Menurut Kasat Lantas IPTU Bayful Yendri, bahwa operasi yang digelar tadi pagi menjelang siang sekira pukul 09.00 hingga 11.00 WIB, merupakan upaya Polres Solok Arosuka melalui Sat Lantas dalam mengantisipasi terjadinya kecelakaan di Wilayah Hukum Polres setempat.

“Operasi kali ini kita fokuskan kepada angkutan umum, terkait kondisi kendaraan, kelaikan jalan, buku KEUR dan komponen pendukung lainnya yang dinilai sangat penting dalam meningkatkan keamanan operasional kendaraan, yang hakikatnya demi menjaga keselamatan masyarakat pengguna jasa kendaraan umum dan pengendara lainnya”, terang IPTU Bayful.

Usai pelaksanaan giat yang melibatkan jajaran Sat Lantas Polres Solok Kota serta staff Dishub Kabupaten Solok itu, diterangkan Kasat Lantas, bahwa dari puluhan kendaraan yang diperiksa, tidak ditemukan kendaraan yang tidak sesuai dengan standart kelayakan.

“Sejauh ini, semua kendaraan yang dilakukan pemeriksaan dalam kondisi layak dan tidak ada ditemukan indikasi pelanggaran” terangnya.

Lebi jauh diungkapkan Perwira yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Lantas Polres Solok Kota itu, bahwa kegiatan operasi tersebut didorong oleh tragedi kecelakaan maut yang terjadi di Desa Cikida, Sukabumi, Jawa Barat yang terjadi berturut – turut Jumat malam (7/9/2018) dan Sabtu siang (8/9/2018) yang menewaskan puluhan orang.

“Mengingat kondisi medan jalan di Kabupaten Solok, khususnya jalan yang menghubungkan Solok – Padang dimana banyak terdapat tikungan serta tanjakan, yang mengakibatkan kekhawatiran terjadinya kecelakaan serupa, penting operasi ini guna memastikan keamanan kendaraan penumpang yang melintasi jalan tersebut”, ungkap Alumni Fakultas Hukum Unand itu.

*Amelia Risky*

Comments

comments