Korlantas Polri Pastikan Arus Kendaraan Libur Akhir Tahun Terkendali

Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa saat meninjau langsung jalur tol lintas Jawa menggunakan sepeda motor, Jumat (22/12). (Humas Korlantas Polri)

MEDIAHARAPAN.COM, Cikopo – Menjelang libur akhir tahun, Korlantas Polri memastikan sejumlah ruas jalur tol lintas Jawa aman terkendali.

Hal tersebut disampaikan Kakorlantas Polri Irjen Royke Lumowa saat meninjau langsung jalur tol dengan menggunakan sepeda motor, Jumat (22/12).

Dalam menginspeksi tersebut, Royke juga ingin memastikan bahwa jalur tol aman dilalui oleh para pemudik liburan Natal dan Tahun Baru.

“Termasuk kesiapan anggota yang bertugas di lapangan,” ujar Royke.

Tinjauan ke jalur mudik kali ini, Royke didampingi Asisten Operasional (AsOps) Kapolri Irjen M. Iriawan, Kakor Sabhara Irjen Sudjarno dan Wa Asops Panglima TNI Laksma TNI Nur Hidayat.

Royke tiba di lokasi dengan helikopeter pukul 17.15 WIB di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat (Jabar). Selanjutnya, Royke langsung yang menggunakan pakaian lengkap Polantas, menyusuri jalur Tol Cipali menuju tol Brebes Exit (Brexit). Mulai dari Cikopo hingga cirebon dan berlanjut ke Brebes.

“Kami berkeliling dari Merak melihat situasi Soreang, khusunya Ciwidey. Kemudian melihat (jalur) Nagrek. Tapi sebelumnya lihat Cipanas, Cianjur, kemudian saya turun di Cikopo,” papar mantan Direktur Lalulintas Polda Metro Jaya itu.

Setelah itu, Royke dan rombongan melanjutkan perjalanan darat dengan sepeda motor ke arah Jawa Tengah. Khusunya jalur Brexit hingga ke Palimanan.

“Palimanan ini gate paling penting juga untuk mengendalikan volume kendaraan. Khususnya, untuk mengurai kepadatan di Brexit, pengendaliannya di sini,” terangnya.

Selain itu, untuk pengendalian yang lain adalah di exit Kanci. Kemudian exit Brebes Barat, sebelum menyentuh Brebes Timur. Ada juga Pejagan ke Purwokerto.

“Saya yakin Pejagan kondusif karena sudah operasional tiga flyover Dermoleng Kretek Klonengan ini cukup efektif. Apalagi libur Natal dan Tahun Baru tidak separah mudik lebaran,” pungkasnya. (Cecep Gorbachev)

Comments

comments