Lagi, 40 SMA dan MA Se-Kabupaten Tanah Datar siap berkompetisi masuk ke IAIN Batusangkar

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat- Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, terus menggencarkan sosialisasi penerimaan mahasiswa baru tahun 2019 untuk jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional (SPAN).

Sosialisasi kali ini di laksanakan di Perguruan Tinggi Negeri Agama Islam tersebut, Kamis (07/02) yang melibatkan 40 Sekolah Lanjutan Tingkat Atas termasuk Madrasyah Aliyah Negeri dan swasta se- Kabupaten Tanah Datar.

Setelah 42 SMA dan MA se-Kab. Pasaman Barat menyatakan kesiapan untuk mendaftarkan siswa nya kuliah ke IAIN Batusangkar minggu lalu, kini giliran SMA dan MA se-Kab. Tanah Datar yang antusias untuk menyiapkan peserta didiknya untuk bersaing memperebutkan bangku kuliah di IAIN Batusangkar itu.

Wakil Rektor Bidang Akademik IAIN Batusangkar, Desmita mengatakan, “Pelibatan dan keterlibatan semua pihak termasuk pihak sekolah, akan mempercepat pengembangan perguruan tinggi ini di Sumatera Barat Khususnya di Tanah Datar.”

Dia mengajak semua guru BK dan operator PDSS masing-masing sekolah untuk bisa mendaftarkan siswanya melalui SPAN PTKIN. Pihak Perguruan Tinggi yang berada di Kab. Tanah Datar siap menerima siswa-siswa yang berpotensi lulus nantinya di Jalur SPAN PTKIN tersebut.

“Dari itu IAIN Batusangkar akan menargetkan jumlah penerimaan mahasiswa baru yang lulus seleksi tiga jalur sebanyak 2.400 orang, dengan target sebanyak itu pihak perguruan sudah siap memanjakan mahasiswa nanti yang akan mengenyam pendidikan di IAIN Batusangkar, seperti beasisiwa, fasilitas-fasilitas perkulihan, labor-labor yang akan menujang pendidikan di IAIN Batusangkar nantinya,” tutur Desmita.

Sementara itu Ketua Panitia SPAN, UM-PTKIN dan Mandiri, Dr. Sirajul Munir, M.Pd menyebutkan, sosialisasi yang sama telah dilakukan di beberapa tempat, seperti minggu lalu di Pasaman Barat, sekarang di Kab. Tanah Datar, selanjutnya kami panitia akan melakukan kegiatan yang sama di Kab. Dharmasraya dan direncanakan sampai ke Indragiri Hilir Prov. Riau.

“Harapan nya kami memberi ruang buat bapak ibu yang hadir hari ini untuk memasukan sisiwa-siswa nya ke IAIN Batusangkar, dan IAIN Batusangkar dalam hal menciptakan lulusan dari PTN Agama Islam yang ada tidak kalah saing dengan perguruan tinggi lainnya di Indonesia. “Ini di buktikan pada tahun 2018 kemaren banyaknya alumni IAIN Batusangkar yang lulus CPNS,” sebut Munir.

Sementara itu ketua MKKS Kab. Tanah Datar Elfan menargetkan pada tahun 2019 ini semua peserta didik yang akan menamatkan di jejang sekolah menengah atas untuk bisa semua nya mengenyam bangku perkulihan, karena ini akan mendukung Misi dari kab. Tanah Datar dalam meningktakan SDM.

Salah satu peserta kegiatan sosialisasi Nari Rati mengatakan, kami sangat senang kegiatan yang di adakan oleh IAIN Batusangkar, kerena dengan kegiatan seperti ini kami bisa tau perkembangan-perkembangan perguruan tinggi, “ya seperti IAIN Batusangkar,” ini sangat membantu pekerjaan kami di sekolah dalam mengentrikan data siswa yang akan melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, “harapan saya kedepannya kegiatan yang di gagas oleh IAIN Batusangkar agar diadakan setiap tahun,” ucapnya.(Irfan F)

Comments

comments