Upaya Ciptakan Siswa Yang Berkarakter, Kadisdik Tanah Datar Buka Muhadharah Gabungan

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Menciptakan peserta didik yang berkarakter merupakan salah satu konsep yang efektif dan menjadi sasaran utama kegiatan pendidikan di sekolah. Dan pengembangan karakter siswa dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan pembinaan kesiswaan.

Seperti halnya muhadharah (latihan berpidato) yang dilakukan oleh SDN 03 Pasie Laweh dan SMPN 2 Sungai Tarab Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar. Muhadharah gabungan yang dilakukan dua sekolah ini dibuka resmi Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar Riswandi, Jum’at (08/02) di SMPN 2 Sungai Tarab.

Dalam sambutannya Riswandi menekankan tiga point penting dalam muhadharah tersebut yaitu,
“beribadah dengan baik, baik ibadah wajib maupun sunnat, belajar tiada henti, belajar tidak hanya karena akan menghadapi ujian saja, tetapi secara kontiniu, bersihkan hati selalu, senantiasa berfikir positif dalam melaksanakan aktivitas apapun,” sebutnya.

Muhadharah merupakan bentuk pendidikan karakter yang akan bermanfaat bila dilaksanakan dengan baik dan diikuti oleh peserta secara serius. Maanfaat muhadharah itu sendiri antara lain, melatih dan membiasakan siswa berpidato atau berceramah, membiasakan siswa untuk tampil berbicara di depan umum.
“Muhadharah dapat melatih siswa untuk terampil berkomunikasi di depan orang banyak, siswa mampu berdakwah, dan juga bekal bagi calon dai atau penceramah dan orator yang siap jadi pemimpin di masa yang akan datang,” ucap Riswandi.

Program pendidikan sekolah bersifat terencana, terpadu dan terarah. Berbentuk kegiatan intrakurikuler maupun ekstrakurikuler. Namun semua kegiatannya bertujuan untuk membekali siswa dalam berbagai matra, kognitif (intelektual), afektif (sikap dan tingkah laku) dan psikomotorik (keterampilan) siswa.

Muhadharah yang dilaksanakan tersebut diikuti seluruh pelajar SMPN 2 Sungai Tarab dan untuk pelajar SD diikuti kelas 4 hingga kelas 6. Acara juga diisi dengan penampilan nasyid dan tahfidz Alqur’an. (Irfan F)

Comments

comments