MDW Adakan Pelatihan HAM dan Demokrasi

MEDIAHARAPAN.COM, Ambon,- Guna meningkatkan kapasitas pemuda dalam memahami Hak Asasi Manusia (HAM) dan demokrasi, Molucass Democratization Watch (MDW) akan gelar pelatihan. Kegiatan tersebut dimulai hari ini, 14 November 2018.

Menurut salah satu host kegiatan, Winalivia Soulissa pelatihan ini akan berlangsung dalam beberapa seri diskusi, semacam kelas terbuka yang pesertanya adalah sejumlah perwakilan dari perguruan tinggi, LSM, dan organisasi kepemudaan di Maluku. Pelatihannya lebih fokus kepada kalangan milenial.

“Kami berharap peserta pelatihan selain bisa merepresentasikan organisasi kepemudaan yang ada di Maluku, namun yang lebih terpenting lagi adalah muncul lebih banyak lagi aktivis organisasi masyarakat sipil yang konsen pada pemajuan HAM dan demokrasi di Maluku”, jelas Wiwin.

Menurut aktivis muda Maluku ini, pelatihan yang akan diadakan nanti melibatkan sekira 50-an peserta dan sejumlah narasumber yang berkompeten diantaranya: Victor Joseph Aktivis, wartawan senior; Amir Kotalomalos, Akademisi Universitas Pattimura; Zairin Salampessy Aktivis Maluku; Abidin Wakano, aktivis perdamaian dan akademisi IAIN Ambon; Amirudin Latuconsina Koordinator Penghubung Komisi Yudisial Wilayah Maluku; Ikhsan Tualeka Koordinator MDW dan lainya.

“Seri pertama akan berlangsung hari ini (Rabu, 14 November 2018. Red). Kami berharap dengan adanya pelatihan seperti ini tentunya dapat menambah wawasan dan pengetahun, khususnya dalam mengadvokasi persoalan-persoalan HAM dan Demokrasi di Maluku. Bagi yang mau ikut bisa mendaftar langsung ke panitia di Box Amcrely tiap pukul 16.00-21.00 WIT”, ujarnya.

Sementara itu salah satu calon peserta pelatihan, Mohaji Talaohu mengaku sangat senang bisa diikutkan dalam pelatihan nanti, ketertarikannya terhadap isu HAM dan demokrasi menjadi alasan kuat Ia mendaftar. Selain itu menurutnya ada sejumlah narasumber yang berkompoten dan tentu juga ada banyak kenalan baru sesama calon aktivis pergerakan yang akan dia temui.

“Saya senang bisa ikut, karena selain pengetahuan baru yang akan didapat, tentu ajan dapat juga teman dan sahabat baru. Awalnya dapat informasi dari seorang teman, kemudian saya mendaftar, syaratnya adalah mengisi formulir, CV dan tulisan 15 paragrap tentang HAM, demokrasi, pendidikan, lingkungan hidup atau isue sosial lainnya”, ungkapnya. (MHM42)

Comments

comments