Nagari Batu Basa Musrenbang, Wabup Zuldafri Darma Harapkan Alokasi Anggaran Diseimbangkan

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) ditingkat nagari di Kabupaten Tanah Datar terus digulir, berbagai usulan rencana pembangunan ditiap-tiap nagari terus mengapung demi mencapai kesejahteraan masyarakat.

Program dan kegiatan mulai dari fisik dan non fisik tidak sedikit yang diusulkan masyarakat. Dan pada saat pra musrenbang di tingkat nagari, semua porogram dan kegiatan yang diusul itu akan diseleksi mana yang lebih menjadi prioritas untuk dilaksanakan dalam satu tahun anggaran, mengingat ini juga tergantung dari pagu anggaran yang telah ditentukan sebelumnya.

Seperti halnya di Nagari Batu Basa Kecamatan Pariangan yang melaksanakan Musrenbang untuk usulan di tahun 2019 dan tahun 2020 mendatang di kantor Wali Nagari setempat, Kamis (07/02).

Wali Nagari Jalinus sampaikan usulan kegiatan untuk tahun 2020 di samping Daftar Usulan Rencana Kerja Pemerintah (DU-RKP) Nagari yang akan diselesaikan pada tahun 2019 ini.

Dari usulan kegiatan yang akan dilaksanakan tahun 2019 dari Anggaran Pendapatan Belanja (APB) Nagari, wali nagari sampaikan program kegiatan yang prioritas yang terbagi kedalam tiga kelompok yaitu bidang ekonomi, sarana dan prasarana serta bidang sosial budaya.

Untuk mengakomodir sejumlah kegiatan yang diusulkan ke Kabupaten dan ditargetkan terealisasi dengan baik ini, nagari Batu Basa mengikat dengan tema,” Melalui musrenbang, kita tingkatkan perekonomian daerah melalui pengembangan pariwisata, peningkatan daya saing dan pertanian berdasarkan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK)”.

Dari tiga kelompok pembidangan ini usulan Nagari Batu Basa yang akan diusulkan pada Musrenbang kecamatan untuk kegiatan pada tahun 2019 mencapai Rp.14 miliar lebih dan diprioritaskan pada bidang ekonomi yaitu sebesar Rp.5,5 miliar lebih, sarana dan prasarana sebesar Rp.4,050 miliar dan sosial budaya Rp. 5 miliar.

Sementara untuk usulan tahun 2020 wanag Jalinus menyebut besaran anggaran Rp. 3 miliar lebih. Ini dialokasikan pada empat pembidangan yaitu bidang penyelenggaraan pemerintahan nagari, bidang pembangunan nagari, pembinaan kemasyarakatan, dan bidang pemberdayaan.

Sementara Wakil Bupati Zuldafri Darma, mengharapkan usulan kegiatan tidak harus terfokus pada fisik semata, namun diseimbangkan dengan non fisik. “Pembangunan fisik memang dapat dinikmati langsung oleh masyarakat, sementara non fisik seperti pemberdayaan memang tidak dapat langsung dirasakan, namun akan dapat menopang kemajuan pembangunan daerah,” ucapnya.

“Pembangunan dibidang pemberdayaan juga penting, seperti halnya peningkatan kualitas SDM dinagari, UMKM, peningkatan kualitas pemahaman adat, agama, budaya bagi generasi penerus dan sebagainya juga akan berpengaruh terhadap kemajuan nagari dan juga daerah,” tutur Zuldafri.

Wabup juga puji potensi Nagari Batu Basa, yang kaya akan potensi pertanian, pariwisata, kerajinan maupun kulinernya. (Irfan F)

Comments

comments