Pasar Sungai Tarab Tertib Ukur, Mendag Enggartiasto Lukita Beri Penghargaan

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar Sumatera Barat-Dinyatakan sebagai Pasar Tertib Ukur (PTU) Pasar Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar Provinsi Sumatera Barat dapat penghargaan dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia Enggartiasto Lukita.

Dinyatakan sebagai pasar tertib ukur oleh Kementerian Perdagangan RI, ini berdasarkan penilaian dari tim kementerian yang turun langsung ke pasar Sungai Tarab dan mencek timbangan para pedagang di pasar tersebut beberapa waktu lalu.

Dari hasil klarifikasi yang dilakukan tim dibeberapa pasar nagari di Kabupaten Tanah Datar, maka dinyatakanlah pasar Nagari Sungai Tarab menjadi salah satu pasar yang memperoleh predikat PTU oleh tim dari Kementerian Perdagangan RI itu.

Sebagai bentuk kepedulian pemerintah terhadap konsumen dan pengawasan kepada pedagang, maka hal ini menjadi perhatian serius pemerintah pusat dengan memberikan penghargaan kepada pemerintah daerah yang dinilai serius dalam menangani pasar.

Salah satunya Pasar Nagari Sungai Tarab ini yang meraih Penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU) dari Kemendag RI dan diberikan langsung oleh Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita kepada Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, Kamis (06/12) di El Royale Hotel Bandung.

Pada saat yang sama, Mendag juga meresmikan Daerah Tertib Ukur, Pasar Tertib Ukur dan Unit Metrologi Legal tahun 2018.

Menteri Perdagangan, mengatakan bahwa keberhasilan pemerintah dalam menciptakan pasar tertib ukur didaerahnya masing-masing merupakan upaya dalam perlindungan konsumen, serta mendorong persaingan usaha yang sehat.

Menurut Enggartiasto, “tertib ukur juga dimaksudkan untuk meningkatkan citra daerah bagi masyarakat konsumen melalui jaminan kebenaran pengukuran dan mendukung terwujudnya sistem metrologi legal Nasional guna terciptanya perdagangan yang jujur, adil dan transparan.”

Lebih lanjut disampaikanya, tertib ukur juga bisa mewujudkan ketertiban dan kepastian hukum dalam pemakaian satuan ukur serta alat-alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya disamping juga sebagai penguat dalam pengawasan dan penegakan hukum dan membangun kepedulian masyarakat sebagai bagian dalam sistem pengawasan tersebut.

Wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma, usai menerima penghargaan ini, ungkapkan rasa bersyukurnya atas keberhasilan Kabupaten Tanah Datar medapatkan predikat Pasar Tertib Ukur (PTU) dalam hal ini Pasat Nagari Sungai Tarab.

“Mudah-mudahan predikat PTU yang didapat oleh pasar Sungai Tarab ini menjadi cambuk dan motivasi terhadap pasar-pasar yang lain di kabupaten Tanah Datar, kedepan kita menargetkan untuk Daerah Tertib Ukur (DTU). Nah semua ini, untuk mendapatkan DTU tentu harus didukung oleh pasar-pasar yang ada dikabupaten Tanah Datar dapat melaksanakan PTU. Karena PTU adalah salah satu indikator untuk mendapatkan DTU,” ucap Zuldafri.

Dia juga tak lupa menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada kepala dinas Koperidag beserta jajarannya yang telah berupaya dan berkerja keras untuk mewujudkan Pasar Tertib Ukur di kabupaten Tanah Datar.

Dilain pihak, Kepala dinas Koperindag Marwan, berharap kedepannya seluruh pasar-pasar yang ada di wilayah kabupaten Tanah Datar bisa seperti pasar Sungai Tarab. Sehingga tidak terjadi lagi penipuan-penipuan yang dilakukan oleh oknum pedagang nakal demi untuk meraih keuntungan pribadi mereka.

“Kita himbau kepada seluruh pedagang pasar untuk tidak lagi menggunakan timbangan yang berbahan dasar karah atau plastik, karena timbangan seperti ini rawan dengan kecurangan-kecurangan,” ujar Dia.

“Begitu juga kepada pedagang emas, juga dihimbau untuk tidak lagi menggunakan timbangan manual yang selama ini sering kita lihat, sebaiknya mereka sudah harus menggunakan timbangan digital yang notabene lebih akurat,” tambah Marwan.

Pada acara yang juga dihadiri Dirjen Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Veri Anggrijono, penghargaan PTU juga diberikan kepada 196 pasar lainnya di 92 kabupaten/kota se-Indonesia. Selain itu Penghargaan juga diberikan kepada 9 Daerah Tertib Ukur. (Irfan F)

Comments

comments