Perpustakaan SMAN 1 Sungai Tarab 15 Besar Nasional, Tim Pusat Lakukan Penilaian

MEDIAHARAPAN.COM, Tanah Datar-Perpustakaan Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sungai Tarab Kabupaten Tanah Datar masuk nominasi 15 besar tingkat Nasional. Keberhasilan yang dicapai tersebut tentu belum memuaskan, karena kita berharap perpustakaan sekolah ini bisa masuk empat besar.

Hal itu dikatakan wakil Bupati Tanah Datar Zuldafri Darma saat memberi sambutan ketika tim dari pusat melakukan penilaian langsung ke SMAN 1 Sungai Tarab tersebut, Selasa (07/08).

Sebelumnya Tim Penilai pusat yang terdiri dari tiga orang tersebut yaitu Dra. Sri Sularsih. M.Si selaku ketua tim dan dua orang anggotanya masing-masing Drs. Sudirwan Hamid, MH dan Erna Ambar Wati, S.Sos disambut dengan tari pasambahan dan disuguhi siriah carano oleh siswa-siswi SMAN 1 Sungai Tarab itu.

Wakil Bupati Zuldafri Darma juga ucapkan selamat datang di Luhak Nan Tuo kepada rombongan tim penilai ini. Dan juga sampaikan bahwa Tanah Datar tidak memiliki Sumber Daya Alam yang mencukupi, maka dari itu Sumber Daya Manusialah yang digenjot. Salah satunya dengan wadah perpustakaan ini, sebutnya.

Wabup juga sampaikan terima kasih kepada pihak sekolah dan OPD terkait dalam hal ini Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dibawah kepemimpinan Bapak Marwan, SE yang telah berupaya keras menjadikan perpustakaan SMAN 1 Sungai Tarab terbaik di Provinsi Sumatera Barat dan mewakili ke Nasioal.

Ia menambahkan, “saat ini sebanyak 44 SLTA di Tanah Datar sudah memiliki perpustakaan sendiri. Untuk itu kita berharap kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan untuk dapat melakukan pembinaan”, ucapnya.

Sementara itu Ketua Tim Penilai Sri Sularsih usai mendengar ekspose kepala perpustakaan SMAN 1 Sungai Tarab, mengatakan bahwa perpustakaan punya peran strategis dalam program belajar mengajar dan juga dapat melahirkan budaya membaca disekolah sehingga visi misi sekolah dapat tercapai, sebutnya.

“Dengan perpustakaan yang lengkap dan nyaman pastinya dapat melahirkan siswa yang unggul, kompetitif, beriman bertaqwa, bibit-bibit generasi cerdas Indonesia kedepan”, ucapnya.

Terkait perlombaan, Ia sebutkan ada sembilan komponen yang akan dinilai tim diantaranya, keorganisasian, gedung dan ruangan termasuk perabotan, koleksi buku, SDM pengelola dan pelayanan.

Turut hadir pada saat penilaian tim pusat tersebut, Dinas Kearsipan dan Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat, Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Tanah Datar Marwan, SE, Kabid Dinas Pendidikan Tanah Datar, Duta Baca Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Camat Sungai Tarab, Forkopimca, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat, Ketua Komite Sekolah dan tamu undangan lainnya. (Irfan F)

Comments

comments