Bencana Gempa Lombok, Pemkab Tanah Datar Utus Relawan BPBD dan PMI

MEDIAHARAPAN.COM, Tanah Datar-Bencana Alam Gempa 7 SR yang mengguncang Lombok Nusa Tenggara Barat, berakibat korban jiwa dan kerugian materi yang tidak sedikit.

Duka gempa Lombok tersebut adalah duka semua masyarakat Indonesia. Sebagai bentuk kepedulian terhadap sesama tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar mengirim tenaga sukarelawan yang dilepas bupati diwakili Asisten Satu Sekretariat Daerah Drs. Mukhlis, Senin (06/08) di Komplek Gedung Indo Jolito Batusangkar.

Mukhlis katakan, ini merupakan bentuk kepedulian kita terhadap sesama, terutama saudara kita yang saat ini mengalami musibah, selain itu sebelumnya saat apel pagi bersama jajan sekretariat daerah kita juga sudah instruksikan untuk menyisihkan sedikit rezeki untuk berbagi bagi saudara-saudara kita ini ucapnya.

Kepada relawan Dia berpesan untuk melapor pada jajaran di lokasi serta agar selalu dalam satu tim BPBD dan PMI. “Jaga kesehatan dan utamakan keselamatan dalam bertugas terutama saat evakuasi karena kita juga belum tau kondisi disana, serta sampai saat ini dari informasi media masih terjadi gempa susulan walau intenstasnya sudah menurun”, ucapnya.

Sebelumnya Ketua PMI Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah menyebutkan, dari Provinsi Sumatera kita satu-satunya Tanah Datar yang mengutus relawan ke Lombok, “semoga ini dapat membantu, selain itu bantuan lain juga sedang kita upayakan melalui OPD terkait”, kata dia.

Terkait dampat pasca gempa yang cukup luas dan masa tanggap darurat hingga tiga minggu kedepan, “kapan perlu kita juga akan utus tagana, namun kita lihat situasi dahulu”, sebutnya lagi.

Emi menambahkan, keberangkatan 5 orang anggota tim yang terdiri dari 2 orang dari BPBD, 2 orang anggota PMI dan satu orang dokter ini direncakan besok pagi, Selasa 07 Juli. “Kita tidak ingin mengulur-ngulur waktu, karena seperti kita lihat dimedia saat ini jumlah korban yang semakin bertambah juga kuantitas gempa masih terjadi”, ucapnya.

Kepala BPBD Tanah Datar Refoldesman ditempat yang sama mengatakan Tim yang berangkat ini merupakan garda muda dan dari wanadri dan sudah berpengalaman dibidang evakuasi.

Tim yang berangkat ini yaitu dr.Hanif Al Muhamady Hasyim (Dinkes), Riko Nofrizal (PMI), Efi Suandri (PMI), Efriyaldi (BPBD) dan Ulil Amri (BPBD) yang akan bergabung dengan tim evakuasi di Lombok dan bertugas dari tanggal 7 hingga 11 Agustus mendatang, tuturnya.

Turut hadir pada saat pelepasan tersebut Kepala Dinas Sosial Tanah Datar Drs. Yuhardi. (Irfan F)

Comments

comments