PLN Mengajar, SMPN 3 Kumango Dapat CSR

MEDIAHARAPAN.COM, Tanah Datar – Terangi Bangsa dengan Pendidikan, itulah moto PT. PLN yang mengedukasi generasi penerus bangsa. Kegiatan PLN Mengajar yang dilaksanakan PT.PLN Wilayah Sumatera Barat di SMPN 3 Nagari Kumango Kecamatan Sungai Tarab Tanah Datar ini, merupakan wujud kepedulian terhadap dunia pendidikan.

Hal itu juga sebagai upaya mengenalkan sektor ketenaga listrikan pada dunia pendidikan, memberikan motivasi dan memupuk semangat generasi pelajar untuk menuntut ilmu lebih giat lagi.

General Manager PT. PLN Persero Wilayah Sumatera Barat Susiana Mutia katakan, dari tahun ketahun PLN selalu memberi perhatian khusus tidak hanya pada bidang pemberdayaan masyarakat saja, namun juga pada sektor pendidikan.

Kali ini tahun 2018, kita melaksanakan kegiatan PLN Mengajar, terangi bangsa dengan pendidikan di SMPN 3 Sungai Tarab yaitu di Nagari Kumango, ucapnya.

Kegiatan edukasi sekaligus merealisasikan Corporate Social Responsibility (CSR) ini, bentuk nyata PLN ikut cerdaskan bangsa, jangan lihat jumlah namun manfaatkanlah untuk kelancaran pendidikan, tukasnya.

Pada saat pemberian materi Susiana jelaskan bahwa bagaimana energi listrik itu bisa menyala sampai kepelosok negeri dengan memanfaatkan sumber daya alam, bahkan bisa menjadi berbagai sumber energi, ulasnya.

Kepada peserta didik Susiana bepesan, soal lokasi sekolah yang mungkin jauh dari pusat keramaian, namun itu bukanlah hal yang akan membuat patah semangat menuntut ilmu, gantungkanlah cita-cita setinggi-tingginya Insya Allah bisa menjadi apa saja, sambungnya.

Sementara itu Wakil Bupati Zuldafri Darma katakan, bahwa di Tanah Datar sektor pendidikan menjadi prioritas utama, hampir 30 persen alokasi anggaran untuk pendidikan, kita tidak punya sumber daya alam yang cukup seperti, tidak ada tambang, maupun industri, maka sektor pendidikanlah yang kita genjot, katanya.

Namun jika dibandingkan dengan jumlah sekolah yang kita miliki, maka angka tersebut belum sebanding. Namun pada saat ini alhamdulillah PT. PLN Wilayah Sumatera Barat berikan CSR, dan ini akan dapat melegakan bagi pendidikan kita, ucap Zuldafri.

Zuldafri berharap dana CSR PLN yang diterima SMPN 3 Kumango sebesar Rp.129 juta lebih tersebut dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya sehingga proses belajar mengajar disekolah semakin meningkat, harapnya.

Wabup Zuldafri juga sampaikan ucapan terima kasih pada PT. PLN yang telah berkontribusi terhadap pendidikan di Tanah Datar, “selain telah diterangi dengan cahaya lampu kita juga telah dibantu uang”, sebut Zuldafri.

Kepala SMPN 3 Sungai Tarab Nagari Kumango pada kesempatan yang sama, sampaikan rasa syukur serta ucapkan terima kasih pada PLN yang telah menyalurkan CSR nya, untuk kelancaran pendidikan di SMPN 3 ini, semoga ini bukan yang pertama dan untuk yang terakhir, ucapnya.

Ia sebutkan bantuan tersebut akan dipergunakan untuk pengecoran lapangan upacara, karena jika musim penghujan lapangan ini tidak bisa dipakai, bahkan upacara benderapun sering ditiadakan kalau kondisi lapangan becek, tuturnya.

Kepada pemerintah daerah Ia juga harapkan perhatian, baik itu dari segi bagunan maupun kebutuhan moubiler.

Acara PLN Mengajar sekaligus pemberian CSR tersebut turut dimeriahkan aksi Silat Kumango yang sudah ternama tersebut dan dihadiri Kepala Dinas Pendidikan Tanah Datar Abrar, Camat, Forkopimca, Wali Nagari, Tokoh Masyarakat dan tamu undangan lainnya. (Irfan F).

Comments

comments