Polres Tanah Datar Gelar Upacara HUT Bhayangkara ke-72, “Polisi Harus Punya Terobosan”

MEDIAHARAPAN.COM, Tanah Datar-Indonesia dinyatakan negara teraman urutan ke-10 di dunia, menurut penelitian lembaga International Gallup’s Law and Order. Lembaga ini merilis laporan bertajuk Law and Order Index yang berisikan daftar negara teraman, dari yang skor tinggi hingga yang terendah di dunia.

Ini kabar gembira bagi kita, namun Polisi yang tergabung dalam institusi Polri harus tetap bersinergi dengan masyarakat dan semua unsur, serta harus punya terobosan dalam menghadapi segala tantangan kedepan yang semakin kompleks.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Tanah Datar AKBP. Bayuaji Yudha Prajas, SH, saat membacakan Pidato Presiden RI Joko Widodo ketika pimpin upacara peringatan HUT Bhayangkara ke-72, Rabu (11/07) di Mapolres Tanah Datar.

Bayu sebutkan, semua capaian yang membaggakan kita bersama, ini juga berkat semua elemen bangsa yang di dalamnya tentu ada institusi Polri. “Kita jangan berpuas diri, namun harus kita jaga dan pertahankan, karena tuntutan masyarakat terhadap kinerja Polri semakin meningkat”.

Seiring perkembangan dunia semakin bergerak dan berubah dengan kecepatan tinggi, dan lahirnya tantangan-tantangan baru maupun ancaman bagi situasi keamanan negara. Seperti diera zaman digital saat ini Polri harus mampu mengantisipasi tingkat kejahatan yang semakin beragam, berevolusi dalam berbagai wujud dan memanfaatkan kemajuan teknologi.

Polri harus semakin siap dalam menghadapi kejahatan yang bersifat transnasional, seperti kejahatan cyber, human trafficking dan lainnya. Dalam menghadapi ancaman kejahatan terorisme Polri juga harus meningkatkan kesiapan dan kewaspadaan.

Karena ini merupakan kejahatan yang luar biasa terhadap negara dan kemanusiaan. Hampir semua negara di dunia menghadapi ancaman ini, seperti di Indonesia jajaran Polri menjadi target dari ancaman ini, kata Dia.

Oleh karena itu, Bayu sebutkan untuk jajaran Polri agar selalu sigap dan waspada, jangan pernah lengah, selalu mengembangkan diri dan melakukan terobosan dalam menghadapi berbagai ancaman yang ada.

Terkait pemilu legislatif dan pemilihan presiden mendatang, pengamanan natal dan tahun baru, serta agenda International Asean Games 2018, juga pertemuan Bank Dunia. Dalam pidato Presiden tersebut Bayu juga bacakan agar jajaran Polri sudah harus mempersiapkan diri, karena semua perlu perencanaan yang matang dan detail, agar segala potensi kerawanan dapat dicegah dari awal.

Pada jajaran Polri Presiden juga instruksikan untuk memantapkan soliditas internal dan profesionalisme untuk menumbuhkan dan memperkokoh semangat kebersamaan dalam menghadapi tantangan, lakukan perbaikan terhadap kelemahan yang ada, hindari tindakan yang berlebihan atau kekerasan yang obsesif yang berakibat turunnya tingkat kepercayaan publik terhadap institusi Polri.

Kedepankan langkah-langkah pencegahan melalui proaktif Polisi yang humanis dalam menangani setiap permasalahan sosial yang timbul, tingkatkan sinergi, koordinasi dan komunikasi dengan TNI dan semua elemen pemerintahan maupun masyarakat, sebagai implementasi penegakkan sinergi polisi, ucap Bayu.

Upacara yang diikuti jaran TNI Kodim 0307 Tanah Datar, Dishub, Satpol PP, BPBD, Badan Pemadam Kebakaran, Satpam dan FKPM tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Tanah Datar, Dandim 0307 Tanah Datar, Kajari Tanah Datar, Ketua Pengadilan Negeri Batusangkar, Asisten II Setda Tanah Datar, Kepala OPD, Ketua Bhayangkari, Kapolsek, BUMD, BUMN, Ormas dan beberapa Wali Nagari. (Irfan F)

Comments

comments