Tangis Bahagia Ratusan Anak di Tanah Datar Buncah

MEDIAHARAPAN.COM, Tanah Datar-Ratusan anak-anak di kabupaten tersebut ada yang menangis, ada yang ketakutan, ada yang tersenyum dan ada pula yang sampai dipegangi orang tuanya bahkan turut dibantu beberapa petugas Satpol PP. Namun tidak sedikit juga yang tertawa geli, saat dokter mengkhitan mereka satu persatu.

Tapi ini merupakan kebahagiaan bagi para orang tua, karena dapat mengkhitan anak mereka dikesempatan bakti sosial sunatan masal yang dilaksanakan, Selasa (10/07) di Gedung Suri Maha Rajo Dirajo Batusangkar itu.

Kegiatan yang digagas organisasi Perantau Indo Jalito Jakarta Peduli Kampung Halaman ini menargetkan akan mengkhitan sebanyak 500 orang anak di Luhak Nan Tuo tersebut.

Nunink Hardiman ketua Organisasi Indo Jalito Jakarta katakan, “kegiatan ini merupakan bakti sosial kita perantau terhadap kampung halaman. Ini kepedulian kita terhadap Sumatera Barat umumnya dan kabupaten/kota secara khusus”.

“Seperti di Tanah Datar ini kita laksanakan sunatan masal dengan target 500 anak, sampai saat ini sudah mendekati angka 300 yang mendaftar. Hal ini sebelumnya juga sudah melalui koordinasi dengan pemerintah daerah Tanah Datar untuk menyebarkan informasi”, ucapnya.

Ketua I Organisasi Indo Jalito, Yeni Nurdin, sebelumnya juga menyebutkan, “sebelum di Tanah Datar ini kita juga telah melakukan kegiatan yang sama di Kota Solok, sebanyak lebih kurang 300 orang anak yang kita sunat. Tujuan kita sebagai ungkapan rasa syukur dan bukti perantau yang tidak pernah lupa akan kampung halaman, ungkapnya.

Sementara itu Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi, saat diwawancarai katakan, “beberapa tahun belakangan ini partisipasi perantau Minang khususnya di Tanah Datar untuk membangun kampung halaman terus meningkat, hal tersebut tampak dari berbagai bakti sosial yang dilaksanakan, dan ini langsung menyentuh masyarakat yang sangat membutuhkan”, sebut dia.

“Seperti rehab rumah keluarga kurang mampu, bantuan bagi kaum dhuafa, sunatan masal seperti ini juga telah dilakukan sebelumnya oleh perantau dibeberapa kecamatan dan masih banyak lagi bantuan lainnya”, tambah Irdinansyah.

Pada kesempatan itu Bupati juga sampaikan ucapan terima kasih dan rasa syukur atas perhatian lebih para perantau terhadap kampung halaman ini.

Tak lupa pada anak-anak yang sudah disunat, bupati ucapkan selamat dan sampaikan, “saat ini kalian sudah tergolong baligh dan berakal, jadi tidak boleh lagi meninggalkan sholat lima waktu, jadi para orang tua ini mohon menjadi perhatian”, pesannya.

Pada momen yang sama Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang berkesempatan hadir turut sampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kegiatan bakti sosial organisasi Indo Jalito tersebut.

Gubernur katakan, kegiatan ini sangat membantu bagi masyarakat di daerah, ini juga sebagai wujud kepedulian kita sesama. Kegiatan ini juga sebelumnya dilakukan diberbagai daerah seperti di Pesisir Selatan, Solok, Bukitinggi dan beberapa daerah lainnya.

Tidak hanya sunatan masal, namun ada juga bantuan sosial bencana alam, bantuan alqur’an dan masih banyak lagi bantuan lain yang dilakukan organisasi Indo Jalito ini, sebut gubernur.

Hal ini sangat membantu program pembangunan di Sumatera Barat secara umum dan daerah-daerah khususnya, organisasi ini masuk dan terjun langsung pada kantong-kantong yang sangat membutuhkan. Semoga kedepan Indo Jalito terus maju dan eksis sehingga terus dapat berbuat bagi Sumatera Barat dan daerah, pungkas Irwan.

Sunatan masal satu hari penuh yang juga dirangkai dengan pemberian kain sarung, peci, tas sekolah dan uang saku tersebut turut dihadiri ketua TP-PKK Provinsi Sumatera Barat Ny. Nevi Irwan Prayitno, Ketua DPRD Tanah Datar Anton Yondra, Forkopimda, Ketua TP-PKK Tanah Datar Ny. Emi Irdinansyah, Owner Emersia Hotel Merry Wati, Kepala OPD dan undangan lainnya. (Irfan F)

Comments

comments