Satu – Satunya di Sumbar, Polres Solok Kota Raih Penghargaan Pelayanan Publik Kategori “Sangat Baik”

Kapolres Solok kota Terima Penghargaan dari Menpan-RB RI

Polres Solok Kotaberhasil meraih Penghargaan dari Kementerian Pendayaangunaan Aparatur Negaradan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) Republik Indonesia sebagai UnitPenyelenggaraan Pelayanan Publik dengan Kategori “Sangat Baik” tahun 2018.

Dari 194 Unit Kerja Polri (Polretabes/Polresta/Polres) se-Indonesia yang telah dievaluasi oleh Deputi Pelayanan Publik Kemenpan RB RI, Polres Solok Kota menjadi satu – satunya pada jajaran Polda Sumatera Barat yang menerima penghargaan bergengsi itu.

Polres Solok Kota bersama 20 Unit kerja lainnya yang dikategorikan sebagai unit pelayanan publik terbaik mendapat kehormatan untuk menerima penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menpan RB RI Drs. Komjen. Pol (Purn) Syafruddin, M.Si Di Ballroom Hotel Shangri-La, Selasa, 11 Desember 2018.

Menurut Menpan-RB Komjen. Pol (Purn.) Syafruddin, penilaian tersebut didasarkan pada Permenpan RB RI Nomor 17 Tahun 2017 tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggaraan Pelayanan Publik, dengan indikator penilaian kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan serta inovasi.

Secara terpisah, Kapolres Solok Kota AKBP Dony Setiawan S.IK,MH, mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian tersebut. Sebelumnya, kemaren, Senin (10/12), Kapolres juga telah menerima apresiasi dan penghargaan dari Kementerian yang sama, atas kesuksesannya bersama jajaran Polres Solok Kota dalam membangun Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK).

“Ini adalah pencapaian yang sangat membanggakan, saya sangat bersyukur dan rasa haru yang sangat luar biasa atas prestasi ini. Terima kasih atas kekompakan dan kesungguhan seluruh personil Polres Solok Kota, yang telah bersedia bekerjasama dan bersama – sama bekerja dalam pengabdian mewujudkan pelayanan terbaik kepada masyarakat, sesuai dengan standart dan indikator pelayanan publik, hingga Polres Solok Kota berhasil meraih semua ini”, ungkapnya.

Dijelaskan AKBP Dony Setiwan, bahwa kepatuhan jajaran Polres Solok Kota dalam memenuhi indikator penilaian tersebutlah yang menempatkan unit kerja kami sebagai unit kerja pelayanan publik dengan kategori sangat baik.

“Ini juga merupakan wujud nyata tekad jajaran Polres Solok Kota dalam mewujudkan pembangunan ZI menuju Wilayah Bebas Korupsi, terutama dalam satu tahun terakhir baik jajaran / personil yang masih bertugas di Polres Solok Kota maupun yang telah pindah tugas. Terima kasih juga atas dukungan seluruh masyarakat Kota dan Kabupaten Solok, khususnya wilayah hukum Polres Solok Kota, tanpa dukungan semua elemen, tentu ini tidak akan bisa kita capai”, imbuh Kapolres.

Lebih jauh diungkapkanalumni Akpol tahun angkatan 2000 itu, bahwa ini bukan akhir dari perjuangankami, ini adalah awal dari perjuangan untuk tetap mengupayakan peningkatankualitas pelayanan pelayanan publik yang bersih dan melayani.

Dalam penerimaanpenghargaan tersebut, Kapolres didampingi oleh beberapa orang perwira PolresSolok Kota, diantaranya Kabag Ops Kompol Bresman Simanjuntak,SH, Kasat Intelkam IPTU Luhur Fachri Utomo,S.IK,dan Kasi Propam IPDA Amrizal. Bahkan mantan Kasat Lantas Polres Solok Kota IPTURifaizal Samual,S.IK yang di penghujung bulan Agustus 2018 lalu pindah tugas keIbukota Jakarta karena akan melanjutkan pendidikan program Magister di UniversitasIndonesia, turut mendampingi Kapolres.  (DS/Amel)

Comments

comments