Masyarakat Buka Jalan Secara Swadaya, Camat Lima Kaum Haru

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Mengawali tahun 2019, Camat Lima Kaum Afrizal, langsung turun lapangan tinjau masyarakat yang sedang gotong royong membangun jalan.

Kunjungan lapangan mengawali kerja diawal tahun ini Ia lakukan Kamis (03/01) ke Nagari Parambahan. Hal itu juga sekaligus dalam rangka monitoring lokasi pembukaan jalan baru lebih kurang sepanjang 3 km dengan lebar 5 meter, yang dikerjakan masyarakat secarambv swadaya.

“Kegiatan masyarakat Nagari Parambahan ini merupakan swadaya tanpa ada proses ganti rugi sepeserpun yang dituntut kepada Pemerintah,” kata Afrizal menjawab media ini.

“Secara pribadi, saya merasa bangga dan terharu serta sampaikan terima kasih dan beri apresiasi atas apa yang telah dilakukan oleh masyarakat Nagari Parambahan dan atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Datar, semoga ini menjadi ladang amal bagi kita semua.” ucapnya.

Afrizal juga berharap jalan yang dibangun bersama memberikan manfaat nyata bagi kehidupan bermasyarakat. “Dengan jalan ini semakin memudahkan akses transportasi dari Parambahan ke Kampus IAIN serta juga bermanfaat bagi sanak kita dalam membawa hasil tani maupun hasil kebun,” ulasnya lagi.

Sementara itu, Wali Nagari Parambahan Robi Yasdi yang ikut bergotong royong bersama masyarakat dalam membuka akses jalan tersebut mengatakan, kegiatan itu secara swadaya masyarakat dan dibantu dari Pemerintah Nagari.

“Pengerjaan jalan tahap awal ini, Pemerintah Nagari Parambahan membantu dengan dana kurang dari Rp. 30 juta yang digunakan untuk menyewa ekskavator untuk memudahkan pembukaan akses jalan ini, selebihnya murni swadaya masyarakat,” terang Dia.

Robi menambahkan, jalan tersebut akan menghubungkan Nagari Parambahan dengan jorong-jorong yang ada serta dengan Nagari tetangga. “Direncanakan tahun ini, Pemerintah Nagari Parambahan akan melakukan poses pengerasan tanah dan pembukaan akses jalan menuju Kampus IAIN Batusangkar, sehingga memberikan dampak kemudahan serta peningkatan ekonomi bagi masyarakat sekitar” tuturnya.(Irfan F)

Comments

comments