Rektor IAIN Batusangkar Kasmuri, “SEMA dan DEMA Tolak Ukur Menuju Perubahan”

MEDIAHARAPAN.COM, Batusangkar, Sumatera Barat-Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Batusangkar, melakukan pengambilan sumpah ratusan Mahasiswanya. Pada saat tersebut juga dilantik secara resmi kepengurusan baru Senat Mahasiswa (SEMA) dan Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) periode tahun 2019.

SEMA dan DEMA ini dilantik langsung oleh Rektor IAIN Batusangkar Dr. H. Kasmuri, MA, sementara untuk tingkat Fakultas di lantik Dekan Fakuktas masing-masing di Auditorium IAIN Batusangkar, Rabu (02/01).

Dengan mengusung tema, “Mewujudkan Pemimpin Masa Depan yang Berintegritas, Inovatif, Bertanggung Jawab Menuju Kampus Madani”. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati Tanah Datar yang diwakili Staf Ahli Bidang SDM, Wakil Rektor, Kepala Biro AUAK, Forkopimda Tanah Datar, Dekan, Wakil Dekan III, Kabag, Kasubag, Pembina Lembaga Mahasiswa dan juga Ketua Lembaga Mahasiswa Selingkup IAIN Batusangkar.

Dalam sambutannya, Dr.H.Kasmuri, MA. menyebutkan bahwa, momentum pelantikan DEMA dan SEMA bukan hanya sekedar seremonial tahunan saja tetapi lebih pada tolak ukur baru bagi para aktivis untuk melakukan perubahan-perubahan sekaligus menjadi pondasi awal untuk kegiatan mahasiswa dan bermanfaat bagi seluruh Mahasiswa IAIN Batusangkar.

“Ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memanajemen sebuah lembaga dalam menyonsong serta mempersiapkan perubahan masa depan yang lebih baik,yang disebut sebagai agen of change, merupakan pioner dan tonggak dari sebuah perubahan,”katanya.

Pada kesempatan yang sama Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) dan Kemasyarakatan dr. Ermon Reflin, berpesan agar mahasiswa IAIN Batusangkar yang baru di lantik hari ini untuk bersenergi dalam mewujudkan visi misi Kabupaten Tanah Datar kedepannya, “bisa jadi kita dari pemerintahan untuk mendukung program2 kemahasiswaan IAIN Batusangkar dalam membangun dan bekerjasama dalam dunia pendidikan,” ucapnya.

Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Dr. Rizal, M.Ag berharap kepengurusan baik DEMA maupun SEMA Institut agar bersinergi dengan DEMA, SEMA Fakultas, DEMA, SEMA Institut juga merupakan perpanjangan tangan dari seluruh Kepengurusan DEMA, SEMA Fakultas. “Saya berpesan pada kepengurusan yang baru agar ada program-program baru yang lebih baik lagi dari tahun sebelumnya,” tutur Dia.

Ketua DEMA dimisioner dan ketua DEMA terpilih menyampaikan adanya perubahan yang lebih baik dalam tubuh lembaga kemahsiswaan IAIN Batusangkar, baik di tingkat Institut maupun di tingkat Fakultas, dalam mewujudkan pemimpin masa depan yang Berintegritas, Inovatif dalam mewujudkan mahasiswa yang bertanggung jawab.

Sebelumnya Ketua Panitia mengatakan pelantikan serentak DEMA, SEMA Institut maupun Fakultas pada IAIN Batusangkar ini untuk periode 2019. “Ini hasil dari Kongres yang digelar sebelumnya dari itu terpilihlah masing-masing ketua Dema dan Sema di tingkat Institut maupun di tingkat Fakultas,” sebutnya.

Ketua-ketua yang dilantik tersebut antara lain, Ketua Dema Institut Jamalludin Makruf, Fikri Hafiz Syailendra Sebagai Ketua Sema Institut. Sementara itu Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Ketua Dema Wahyudi Asri, Ketua Sema Nailul Fauzi Amrizal, pada Fakultas Syariah Ketua Dema Irwansyah, Sema Ainul IkbaL, sedangkan pada FUAD Ketua Dema Ikrom Ilyas, Sema Ary Wahyudi dan FEBI Ketua Dema Hamdani Putra, Sema Remon Pranata.(Irfan F)

Comments

comments