Meskipun ada Aksi Teror, Asian Games dan Asian Para Games 2018 Tetap Berjalan Sesuai Rencana

Erick Thohir, Imam Nahrawi dan Raja Sapta Oktohari

MEDIAHARAPAN.COM, Jakarta – Tragedi bom yang terjadi di Kota Surabaya telah menimbulkan tanda tanya besar terkait gelaran Asian Games dan Asian Para Games di Jakarta dan Palembang 2018 ini. Agar tidak terjadi kesimpangsiruan mengenai informasi tersebut, Menpora Imam Nahrawi dengan didampingi Ketua INASGOC, Erick Thohir dan Ketua INAPGOC Raja Sapta Oktohari menggelar konferensi pers yang berlangsung di Gedung Kemenpora, Jakarta, Senin (14/5/2018).

Dalam kesempatan itu, Menpora memastikan bahwa Asian Games dan Asian Para Games 2018 tetap berjalan sesuai rencana. “Yang penting untuk disampaikan dalam keterangan pers ini bahwa kami pemerintah, INASGOC, INAPGOC, dan seluruh masyarakat Indonesia tetap yakin dan percaya diri dengan persiapan yang sudah diakukan oleh Pak Erick, Pak Okto dan segenap panitia penyelenggara Asian Games dan Asian Para Games. Dan kita akan terus memaksimalkan persiapan ini dan tidak ada istilah kita mundur karena bagi kita semua ini adalah amanah dari seluruh warga bangsa untuk melaksanakan Asian Games dan Asian Para Games,” kata Imam dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Lebih lanjut, Menpora mengatakan tentu dalam hal keamanan dan kenyamanan pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar Asian Games dan Asian Para Games ini berjalan dengan baik. Imam pun berharap agar event empat tahunan yang berlangsung di Jakarta dan Palembang ini sukses.

“Kami mohon dukungan dari seluruh masyarakat Indonesia agar hajat negara ini berhasil dengan sukses dan bisa memberikan kepercayaan internasional bahwa Indonesia memang pantas menjadi tuan rumah yang baik untuk multi even sebesar Asian Games dan Asian Para Games,” tambah Imam.

“Selanjutnya, kita akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar dilakukan antisipasi dini sehingga meminimalisir hal-hal yang akan mengganggu Asian Games dan Asian Para Games ini. Kita akan terus berupaya agar Asian Games dan Asian Para Gemes ini berjalan dengan sukses prestasi, sukses penyelengaraan, sukses administrasinya,” jelas Menpora.

Adapun mengenai kekhawatiran negara peserta Asian Games, Erick Thohir menegaskan sampai saat ini OCA dan negara-negara peserta Asian Games tidak khawatir dengan beberapa kejadian yang ada di Indonesia, termasuk tragedi bom di Surabaya. Dikatakannya, pihaknya akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan negara peserta.

“Intinya kita tetap optimis pelaksanaan Asian Games berjalan dengan baik dan aman, kita panitia juga akan terus melakukan koordinasi dan komunikasi dengan negara peserta untuk meyakinkan mereka bahwa Asian Games tetap berjalan aman,” sahut Erick Thohir.

Sementara Ketua INAPGOC, Raja Sapta Oktohari menuturkan para atlet disablitas yang menjadi peserta Asian Para Games atau Test Event nanti tidak perlu takut. “Kita tunjukan  Indonesia adalah negara yang ramah akan disabilitas, jadi saya yakinkan semuanya berjalan dengan baik,” kata Raja Sapta. (MH-Sport)

Comments

comments