Peringati HUT ke-14, Radio Luhak Nan Tuo Tanah Datar Adakan Lomba Tahfiz Qur’an

BERBAGI

MEDIAHARAPAN.COM-Tanah Datar, Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-14 Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM adakan berbagai kegiatan diantaranya lomba tahfidz bagi sekolah tahfidz dan rumah-rumah tahfidz se-Kabupaten Tanah Datar serta bakti sosial.

Kegiatan lomba tahfidz udara tersebut sudah yang kedua kalinya dilaksanakan oleh Lembaga Penyiaran Publik (LPP) Radio LNT 102,5 FM ini. Sebanyak 38 orang siswa SD, SDIT dan dari Rumah-rumah Tahfidz itu berkompetisi unjuk hafalan yang dikuasai minimal 2 juz.

Ajang kompetisi yang bernuansa religi dan untuk mendukung salah satu program pemerintah daerah menjadikan Kabupaten Tanah Datar, sebagai Kabupaten Tahfiz ini dibuka resmi Bupati Tanah Datar yang diwakili Kepala Dinas Kominfo Erizal Ramli, Senin (12/02) di Radio Luhak Nan Tuo 102,5 FM kompleks Banteng Vander Cappellen Batusangkar.

Dalam sambutannya Erizal Ramli sebutkan, bahwa kegiatan lomba tahfidz on air ini sudah yang kedua kalinya dilaksanakan. Dan ini mendapat sambutan baik dari masyarakat dan para pendengar Radio Luhak Nan Tuo, ucapnya.

Lebih lanjut ia sampaikan, saat ini di Tanah Datar telah banyak lahir rumah-rumah tahfidz dan sekolah-sekolah keagamaan yang punya program unggulan tahfidz qur,an. Hal ini sangat baik kita adakan lomba-lomba semacam ini, untuk menguji sampai sejauh mana kemampuan anak-anak dalam menguasai hafalan mereka, sebut Erizal.

Kita juga aspresiasinya atas kegiatan yang dilakukan panitia bersama Fans Radio Luhak Nan Tuo namun jika saat ini baru diadakan antar rumah tahfidz tapi kedepan hendaknya bisa diagendakan untuk tingkat Sumatera Barat.

Sehingga kegiatan itu mampu meningkatkan pemahaman al quran dikalangan siswa maupun mahasiswa untuk mendalami kandungan isi Al -quran, serta untuk memotifasi agar terus meningkatkan hafalannya dan jika kini baru 2 juz kedepan mungkin bisa hafal 3 hingga 30 juz.

Apalagi bagi penghapal alquran ini, Pemda Tanah Datar akan memberikan reward bisa masuk SMP, SMA Pavorite tanpa mengikuti testing termasuk mereka yang ingin masuk perguruan tinggi menimal hapal 10 juz, sambungnya.

Sebelumnya ketua pelaksana Dwita Novalinda menyebutkan bahwa Lomba Tahfidz yang diadakan ini adalah salah satu rangkaian dari peringatan hari jadi Radio Luhak Nan Tuo. Kegiatan ini juga merupakan kerjasama dengan Rumah-rumah Tahfidz di Tanah Datar, katanya.

Kegiatan seperti ini juga dalam rangka mendukung program Pemkab. Tanah Datar sebagai Kabupaten Tahfidz ditambah lagi saat ini kegiatan tahfidz telah dilaksanakan setiap hari jumat di Radio Luhak Nan Tuo, dengan menghadirkan seluruh anak-anak dari rumah tahfidz yang sudah ada di Kabupaten Tanah Datar, terang Dwita.

Turut menghadiri kegiatan lomba tahfidz udara tersebut ketua Rumah Tafhid se- Tanah Datar bersama dan Pengurus serta seluruh Penyiar dan Fans Radio Luhak Nan Tuo l02,5 FM. (Irfan F).

Comments

comments