M. Ikbal Anggota DPR-RI Komisi IX, Masyarakat Cerdas Pangan Aman Yang Dikonsumsi

MEDIAHARAPAN.COM. Agam, Sumatera Barat-Dalam mengkonsumsi pangan baik itu makanan maupun untuk kebutuhan lain yang berhubungan dengan kesehatan tubuh kita harus cerdas memilih, karena itu sangat berhubungan dengan jangka waktu yang lama bagi kesehatan.

Masyarakat sebagai konsumen juga harus mengatahui apa itu makanan yang sehat dan tidak berbahaya jika dikonsumsi. Karena menjaga kesehatan masyarakat dari bahan yang berbahaya merupakan tanggung jawab pemerintah dan juga kita semua.

Hal itu dikatakan M. Ikbal Anggota Komisi IX DPR-RI dari Fraksi Partai Persatuan Pembangunan (PPP) saat memberikan sosialisasi pangan aman untuk dikonsumsi, Rabu (08/11) dihadapan ratusan masyarakat Palembayan Kabupaten Agam.

Dia menyebutkan, bahan berbahaya seperti, “borak, rodamin, zat pewarna yang tidak sesuai dicampurkan ke dalam makanan harus dihindari oleh masyarakat,” katanya dihadapan masyarakat yang memenuhi Aula Dinas Pendidikan SDN 01 Pasar Palembayan tersebut.

“Bagi kesehatan tubuh bahan-bahan berbahaya itu memang tidak langsung berpengaruh namun dampaknya dalam jangka waktu yang lama, jadi kita masyarakat harus cerdas mengkonsumsi, tentu ini juga harus berdasarkan rekomendasi Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM),” ujarnya.

Melalui sosialisasi dan diskusi yang dimotori Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan Provinsi Sumatera Barat itu M Ikbal mengharapkan BBPOM provinsi untuk dapat mengawasi panganan aman bagi masyarakat hingga kedaerah-daerah yang jauh dari keramaian kota seperti halnya di Palembayan Kabupaten Agam tersebut.

Sementara itu Kepala BBPOM Provinsi Sumatera Barat Martin Suheri, mengatakan,”kalau ke Kecamatan Palembayan memang belum sampai melakukan pengecekan sampel penganan yang mengandung zat berbahaya bagi kesehatan, namun kita akan upayakan, biasanya pada acara-acara seperti ini kita membawa unit mobil labor tetapi saat ini kita tidak membawa,” ucap Dia.

Karena pentingnya kesehatan bagi masyarakat, pada forum diskusi itu juga dia meminta agar Wali Nagari Palembayan atau Camat setempat dapat menyurati BBPOM provinsi untuk turun ke pasar yang menjadi ibu kota di Kecamatan Palembayan tersebut.

Walau bertajuk seputar kesehatan, namun ada saja masyarakat yang mengeluhkan lain seperti halnya akses jalan menuju Kecamatan Palembayan yang sempit dan banyak berlobang sehingga sulit bagi kendaraan roda empat jika berpapasan.

Syafrizal salah seorang tokoh masyarakat, yang berkesempatan bicara menyampaikan keluhannya soal jalan yang sempit dan sudah banyak rusak,”Kebetulan bapak dewan kita hadir dari pusat, kami ingin menyampaikan soal jalan yang mungkin tadi bapak lewati, ini sudah lama kami keluhkan pak, jalannya sempit dan sudah rusak, sementara jalan ini akses kami satu-satunnya menuju ke kota,” sebut Dia.

Palembayan saat ini sangat membutuhkan sentuhan pembangunan, sulitnya jaringan internet, sarana dan prasaran pendidikan yang masih minim, jalan yang rusak menjadi sorotan masyarakat,” sebutnya lagi.

Menyikapi keluhan masyarakat M.Ikbal walau komisinya tidak membidangi itu. Dia akui jika insfrastruktur di Palembayan masih tergolong minim dan belum memadai, masih adanya jembatan kayu, dan masih terdapat jalan yang butuh bantuan provinsi maupun pusat dari APBN. (Irfan F)

Comments

comments